Posted by: garasibu | December 26, 2007

Pengalamanku menjalani Food Combining

Andang Gunawan…dialah yang memperkenalkan saya pada pola makan Food Combining (FC). Saat saya mendengar penjelasannya dirumah saudara saya, rasanya apa yang dijelaskan sungguh berbeda dengan apa yang selama ini saya lakukan dan kita kenal sebagai 4 sehat 5 sempurna. Tetapi penjelasan dan pengalamannya menyembuhkan suaminya membuat saya juga ingin mencoba. Mulailah saya membeli bukunya, lalu terus berkomunikasi dengan mba Andang jika ada hal-hal yang tidak saya pahami.

Ini Ritualnya:

Bangun Tidur: Minum jeruk nipis + air hangat (baca tulisan saya mengenai mitos yang salah). Selanjutnya makan aneka buah, baik di Jus, buah potong atau smoothy. Sesekali dicampur dengan yoghurt.

Sekitar jam 9-10, mulai makan telur 2 butir. Telur lebih sering saya rebus daripada di ceplok atau didadar. Dulu sebelum tau bahwa sarapan telur bisa dilakukan pagi hari dalam pola FC, saya sering minum susu kedelai. Tapi kalau nakal, makan kue basah atau roti, 1-2 potong. Tidak lagi sarapan nasi lengkap dengan lauk pauknya (Ini berkaitan dengan jam biologis)

Siang hari, berusaha makan protein hewani dengan sayur. Misalnya: ayam pop+ daun singkong+ jus wortel~tomat. Contoh menu lain: ayam goreng, tahu bacem dan sayur asam. Protein hewani cukup 1 macam saja (hemat kan!).

Sore: Buah (baik jus maupun potong) sebelum nyemil makanan kecil sehat lain

Malam hari: diusahakan menu pati. Misalnya Bihun sayuran, mie godok jawa.

Sekarang sudah banyak dijual buku2 resep masakan Food Combining karya Mas Wied Harry. Saya terus mencoba resep2 tersebut, selain enak rasanya, lebih irit dan yang jelas lebih sehat.

Jangan lupa, setiap makan harus kita kunyah pelan~pelan, jangan buru-buru. Rasakan air liur mengulum kunyahan makanan kita. Harus diingat juga adanya jam biologis. Berhenti makan berat sebelum jam 21.00. Jika setelah jam 21.00 masih lapar, makan buah lagi.

Responses

  1. Thanks atas penguraiannya diatas. Sangat membantu.
    Tapi bagaimana cara kita menyiasati FC jika kita menghadiri pesta atau makan di resto?

  2. Dear Sandy
    Terimakasih sudah mampir..
    Bisa kok melakukannya saat pesta dan di Resto. Saya makan buah dulu atau minta jus buah dulu. kalau mau makan steak, imbangi dengan salad yg banyak. Hindari nasi atau FF nya. Saya berusaha memilih menu yg banyak sayurnya spt selad solo, Korean BBQ.
    Seandainya masih kurang sayur, bisa dilanjutkan dengan minum jus sayur di rumah. Namun jika sudah terlalu malam sampai rumah, makan buah saja ( untuk keseimbangan asam-basa)
    Semoga bisa dipahami…

  3. Salam sehat,

    Penjelasan yang cerdas! Sama seperti halnya Mbak Andang, saya bersyukur banyak orang yang menerapkan FC -dan memahaminya- serta mendapatkan manfaat sehatnya.

    Jika terpaksa, seperti kejadian dalam pesta, kita boleh kok nakal, melanggar prinsip FC. Asal, pada jam makan berikutnya kita sadari untuk segera kembali ke rel FC.

    FC anti-asosial, artinya tidak membuat kita menjadi makhluk aneh di tengah masyarakat karena kita terlalu membatasi diri dengan tidak boleh makan ini dan itu. Kelonggaran dalam FC ini yang membuat kita nyaman melaksanakannya. Yang penting, kita memperhatikan kombinasi makanan yang serasi dan pilihan makanan yang tepat pada saat yang tepat.

    Terima kasih dan banyak salam:
    Wied Harry Apriadji

  4. Trims. Sy sudah menjalani FC 3 tahun blakangan walaupun belum sesempurna yg ada di buku, hanya sy ambil konsep2 pentingnya saja, namun dalam jangka waktu itu berat saya turun 30kg. Alhamdulillah..

  5. Fikri Faris,
    Alhamdulillah sudah bisa merasakan manfaatnya FC.
    Mudah2an bisa ditularkan kepada teman2 lain yang ingin hidup sehat.
    Salam Sehat

  6. Mau tanya, saya sangat berminat sekali dengan Pola FC ini, saya juga sudah membaca buku bu Andang, jika benar melakukkannya akan bisa menyembuhkan sakit maag,…. saya sedang menjalani puasa,sahur yg paling baik apa ya? Hari2 kemarin sahur segelas susu kedelai dan buah segar 1 potong…saat ini maag saya sedang kambuh dan saya pemulab dalam menerapkan pola FC…
    Terima kasih

    • Diana,
      Ada beberapa pakem yang harus diperhatikan dalam menjalani FC. Antara lain keseimbangan asam basa. Jika darah kita asam, maka itu awal dari terjadinya penyakit. Bagaimana agar tidak asam, jumlah makanan pembentuk basa (buah dan sayur termasuk sayur mentah) harus sama banyaknya dengan makanan pembentuk asam (nasi dan lauk pakunya ). Jangan makan buah setelah makan makan besar. Laukan makan buah pagi hari saat perut kosong atau 2 jam setelah makan besar.
      Sahur, saya biasanya cukup buah dan 2 butir telur.
      Semoga bermanfaat.

  7. Salam kenal.

    Apa bedanya makan gaya FC dengan makanan organik lainnya, seperti produk Meli***?

    Saya sudah di atas 50 tahun dan ingin tetap hidup sehat. Terimakasih.

    • Saya juga sudah diatas 50 thn tepatnya hampir 56 thn.
      FC ada pengaturan pola makan
      Organik adalah bahan baku yang dimakan dari bahan baku yang ditanam ato dimasak tanpa menggunakan input kimia.
      Jika ibu tinggal di daerah Jabodetabek, kami juga melakukan delivery produk sayuran, beras, ayam & telur langsung dari kebun dengan harga kebun.
      Selain itu, produk organik merk Javara bisa kami beri disc 10%.
      Jika berminat bisa saya email.
      Salam sehat

  8. Bu, punya resep kombinasi food combining gak? misalnya 7 x 3 resep per minggu? Saya ingin menjalankan program ini yang sepertinya lebih amsuk akal daripada program diet biasa, makasih.

    • Tidak punya. Saya menggunakan Semua buku resep masak nya mas Wied Harry yg banyak dijual di toko buku Gramedia. Intinya perbanyak sayur. Makan nasi tdk dengan protein hewan dlm jumlah sama besar. Makan buah saat perut kosong. Tidak makan ato minum yg manis setelah makan. Simple tapi diawalnya perlu disiplin. Salam

  9. bu, kalau saya ingin membeli produk2 organik javara, saya email kemana? dan saya boleh tau produk nya apa aja..tks

    • Nanti saya minta asisten saya (Lady) kirim email ya.

  10. bu mau nanya, buat ibu hamil yg sering laper, di atas jam 21.00 boleh makan buah? sore hari sekitar jam 15-17 boleh ngemil biskuit/roti?

    • Sebaiknya diatas jam 21 makan buah saja.
      Sebisa mungkin hindari makanan olahan, seperti biskuit.
      Hindari makanan yg mengandung gluten seperti roti.
      Salam sehat

  11. Sangat tertarik dengan program FC…. ingin menanyakan bagaimana untuk konsumsi minuman manis, ingin membiasakan kepada suami juga untuk program FC tapi setiap pagi rutin minum kopi… dan keju, susu atau ice cream bisakah dikombinasikan dengan buah ??… thx sebelumnya :)

    • Minuman atau makanan manis tidak untuk diminum atau dimakan setelah makan besar.
      Susu tidak perlu diminum. Usahakan makan atau minum yang lebih mendekati alaminya bukan makanan yang diproses lama. silahkan bergabung dalam milis food combining

  12. Bu..sy baru mencoba diet fc ini.. Dan sy juga punya sakit maag yg saya mau tanyakan apa tiap hari kita diharuskan minum air hangat dan 1gelas air jeruk lemon/nipis?
    Salam.

    • Jeruk nipis memang asam tetapi didalam perut menjadi pH alkali yg sangat diperlukan tubuh. Asam ciptaan Tuhan beda dengan asam buatan manusia. Salam sehat

  13. Makasiy infonya, sangat bermanfaat… Mau saya coba :)

    • Silahkan dicoba


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

