Posted by: garasibu | August 24, 2008

PUASA cara Food Combining

Bulan Ramadhan, bulan pengampunan Allah, kedatangannya senantiasa ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Dari aspek kejiwaan, menjalani Puasa Ramadhan, adalah saatnya kita berlatih sabar dan menahan diri dari semua aktivitas yang diluar Ramadhan bisa kita lakukan dengan leluasa.

Dari aspek kesehatan, bulan Puasa adalah waktu yang baik bagi kita untuk melakukan detoksifikasi, membuang zat-zat racun yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya saat makan sahur dan buka puasa jangan mengkonsumsi makanan yang berlebihan.

Lalu bagaimana pola makan selama menjalani puasa.

Tetap harus diingat pakem Food Combining yaitu:

1.Makan dipilih dengan mengikuti jam biologis.

2.Memperhatikan kombinasi makanan yang benar, artinya tidak mencampur hidangan protein hewani dengan pati.

3.Menjaga keseimbangan asam basa tubuh. Protein hewani dan pati adalah hidangan pembentuk asam, oleh sebab itu harus diimbangi dengan mengkonsumsi hidangan pembentuk basa yaitu buah dan sayuran segar.

Berdasarkan pakem tersebut maka berikut ini adalah cara sahur dan buka puasa cara FC:


Sahur:
Jus buah atau buah potong (porsi sampai cukup kenyang namun tidak boleh kekenyangan)
Telur rebus atau yogurt atau tahu/tempe atau susu kedelai (optional)

Buka Puasa (Maghrib)
Air hangat atau Herbal tea (tanpa gula)
Jus buah atau buah potong (jangan dingin), kurma

Makan Malam (Sesudah maghrib)
Protein (Ikan/Ayam)
Sayuran (Porsi harus lebih besar dari protein)

atau

Pati (Nasi/kentang/pasta/mie)
Sayuran (Porsi harus lebih besar dari pati)
Sedikit tahu atau tempe.

Menu protein dan pati di selang-seling setiap hari.

Selama menjalani puasa ramadhan, kebugaran harus dijaga dengan tetap berolah raga, namun porsinya dikurangi. Jika biasanya melakukan olah raga 3-4 kali dalam seminggu, maka selama bulan puasa cukup 1-2 kali dalam seminggu dan dilakukan sore hari menjelang buka puasa.

Hindari makanan dan minuman olahan dan fastfood. Kunyah makanan pelan-pelan sehingga air liur terasa mengulum makanan (lihat SLOW DOWN DIET). Jika setelah Sholat tarawih masih merasa lapar, makanlah buah saja, karena pk 21.00 jam biologis sudah menjalani proses penyerapan (lihat Jam Biologis) .

Semoga bermanfaat, selamat menjalani ibadah puasa.

Salam Sehat

About these ads

Responses

  1. buat mbak Jullie sekeluarga selamat menunaikan Ibadah Puasa and makasih banget udah ada blog ini. tetep terus berkarya ya.

  2. mbak kok di bulan puasa buang air ku gak lancar ya
    harus minum apa ya ???
    thanks

  3. Berpuasa dengan tetap memakai menu FC memang benar-benar beda, lebih bersemangat dan bertenaga.

  4. Dear Anik,
    Emang FC siip ya…

  5. thanks atas infonya……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: