Posted by: garasibu | August 31, 2008

Menanam Sayur Organik

Kesadaran untuk hidup sehat membuat orang mulai mencari makanan organik. Saat ini dikota-kota besar sudah mulai banyak dijumpai gerai-gerai organik yang menjual sayuran, ayam, telur dll yang dipelihara dengan metoda organik, suatu metoda yang menghindari penggunaan pestisida, pupuk kimia, antibiotik dan hormon penumbuh.
Namun harga produk-produk organik masih dirasa mahal walaupun sebenarnya mahal itu relatif jika dibandingkan dengan biaya berobat.

Nah, bagaimana jika sayuran organik mulai ditanam dirumah sendiri. Tidak harus di tanah, bisa ditanam di pot. Alihkan hobi menanam bunga dengan menanam sayuran. Tentu tidak diberi pupuk kimia dan pestisida. Tanaman sayur organik bisa tumbuh cantik seperti tananam bunga yang sudah biasa kita tanam, dan kita masih mendapatkan nilai tambah manfaat sayur organiknya.

About these ads

Responses

  1. amat bags sekli.saya amat berminat untuk mengetahui lebih lanjut cara-cara menanam sayuran organik????

  2. Sama saja dengan menanam tanaman bunga, tapi jangan menggunakan pupuk kimia. Saya juga coba2. Kadang dng bibit tidak bs tumbuh, tapi tumbuh dari sisa akar sayuran yg kita beli. Kadang juga sebaliknya. Tanam dulu di pot, jika sdh tumbuh kuat bisa dipindah ke tanah. Tidak dipindah ke tanahpun juga tidak apa2 bisa dijadikan hiasan. Dengan menanam sayur sendiri, kita bs lbh berhemat.
    Silahkan mencoba!! Mencobanya dengan hati dan seyum… Salam Sehat

  3. saya ingin sekali mencoba menanam sayuran organik. Ada kursusnya tdk ya ?

  4. Dear Wida,
    Salam belum pernah mendengar ada kursus menanam sayuran organik.
    Nanti kalu ada saya mendengar, saya kabari Wida ya.
    Terimakasih.
    Salam
    Jlh

  5. Ibu, kalau kita order bisa gak diantar?. Kebeteluan kantor saya di daerah Jakarta Pusat. Berapa biaya delivery nya ? Pemesanan bisa lewat email kan ? dan pembayaran apa bisa cash pada saat sayuran diantar or transfer melalui ATM?
    Ditunggu emailnya.

    Terima kasih,

    TB

  6. Dear ibu Titik,
    Jakarta pusatnya dimana bu?
    Kami melakukan delivery dengan min belanja 200 rb, tetapi sejauh ini baru bisa melayani daerah2 tertentu saja.
    Produk unggulan kami adalah ayam dan telur organik betakaroten.
    Terimakasih
    Salam Sehat

  7. Saya sangat tertarik dengan sayur organik & saya ingin sekali usaha/bisnis sayuran organik ini.jika menanam sayur organik dengan pot dirumah bagaimana cara memilih medianya,maksudnya ada kriteria khusus atau tidak dan pastinya berbeda dengan pemilihan media untuk tanaman bukan organik/tanaman bunga.Jadi media yang seperti apa yang bagus atau media seperti apa yang dipruntukan untuk tanaman organik.Terimakasih

  8. Kantornya di Jl. Pekalongan no.7, Menteng- Jakarta Pusat. Ok. Bu nanti saya kabari.

    Terima kasih,
    TB

  9. Dear Titik Bachtiar

    Kalau daerah menteng bisa kami delivery.
    Kami juga punya pelanggan di daerah Menteng.

    Trimakasih dan salam sehat

  10. Dear Wida dan Rika
    Teman saya yang mensupplay sayur organik bisa mengadakan pelatihan cara menanam organik di lokasi kebunnya di Cigombong.
    Silahkan hubungi beliau (Ibu Tuti Azis) di 021-7992033
    Salam Sehat,
    Jlh

  11. saya tertarik dengan telur organik betacarotin ibu, berapa harga per butir sampai ditempat & berapa minimum pemesanannya. kandungan yg terdapat di telur tsb apa aja. thank,s

  12. Dear Ida,
    Salam kenal dan trimakasih sudah mengunjungi blog saya.
    Untuk mengetahui isi kandungan telur, Ida bisa masuk ke “select Catagory” lalu pilih “Telur Organik”.
    Ida tinggal dimana? Kami tidak menjual telur dalam bentuk curah. Harga dan kemasan produk-2 kami bisa klik “Produk Garasi Ibu” dihalaman ini paling atas.
    Trimakasih dan salam sehat

  13. salam kenal…
    saya sangat tertarik dengan artikel ini sehingga sayu juga ingin mencoba menanam sayuran di rumah…
    Di mana tempat yang menjual bibit sayuran…mohon informasinya…

  14. Dear Niken,
    Bibit saya biasanya membeli dari Ibu Tuti Azia di: 021-7992033.
    Saya juga sering menggunakan akar bayam dan kangkung, bukan bibitnya.
    Silahkan dicoba.
    Salam Sehat

  15. bagaimana cara menanam sayur organik dengan betul

  16. Dear Nur,
    Sampai saat ini saya tidak tahu apakah sayur yg saya tanam sudah dgn cara menanam yg benar atau belum.
    Yg jelas saya sudah menikmati hasilnya. Petik kangkung, cabe, pandan dll dari halaman sendiri. Bermula dari coba-coba saja pakai bibit maupun akar sayuran. Tidak menggunakan pupuk kimia tetapi menggunakan kompos saja dan menanam di pot bekas tanaman bunga yg sudah rusak.
    Jika ingin belajar menanam tanaman/sayuran organik, bisa menghubungi Ibu Tuti Aziz: 021-7992033.
    Selamat mencoba

  17. tanaman organik itu sehat untuk semua orang tapi jarang orang tau cara menanam tanaman organik.

  18. Dear Putu
    Kalau dilihat prinsip dasar menanam organik, adalah menghindari penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia. Pupuk dan pestisidanya alami..
    Kalau punya lubang biopori, kita juga bisa menghasilkan pupuk organik..
    Ibu Tuti Aziz supplier sayur organik untuk Garasi Ibu mengadakan pelatihan menanam sayur organik. Silahkan hubungi beliau di 021-7992033
    Salam Sehat

  19. kalo dg akar sayuran menanamnya harus menggunakan akar sayuran organik juga atau tidak?

  20. Dear Erni
    Bisa dicoba dua duanya.. Yang penting tidak menggunakan pupuk kimia.. pakai pupuk kompos saja..
    Selamat mencoba

  21. Mbak, saya tertarik sekali menanam sayur sendiri. Saya akan coba. Trima kasih untukinspirasinya ya…

  22. Hai Smartmom..

    Silahkan mencoba ya..
    Tapi mesti sabar dan telaten..
    Kalau berhasil..cerita ya

  23. sangat menyehatkan bagi tubuh kita,selama ini kita baru menyadari bahwa sayuran banyak mengandung pestisida yang merugikan tubuh kita.

  24. sangat menyehatkan bagi tubuh kita,selama ini kita baru menyadari bahwa sayuran banyak mengandung pestisida yang merugikan tubuh kita.saya juga sudah mencoba menanam sayur organik dalam pot tapi sudah 1 bulan ini tumbuhnya cuma 2 cm…mohon sarannya,terima kasih

  25. Fajar,
    Yang bisa ditanam dirumah..ditanam sendiri aja sekaligus bisa menjadi hiasan dirumah..
    Cabe, pandan, kangkung.. pasti dibutuhkan kan??

  26. salam sejahtera

    Sememangnya sayur organik lebih baik untuk kesihatan. Tetapi harganya agak tinggi di pasar raya. Saya sudah mula menanam tanaman yang senang spt pegaga serai cili padi pokok kantan dll. Saya guna baja cacing (vermikompos). Dan hasilnya memuaskan.

  27. Fres,
    Salam kenal..
    Seharusnya memang sayur organik tidak perlu mahal ya..
    Oleh sebab itu apa yang bisa ditanam di rumah lebih baik ditanam saja..
    Trimakasih sudah singgah di Weblog saya

  28. Saya tertarik sekali untuk nanem sayuran organik….Saya lagi coba sendiri dirumah,kalau berhasil saya mau kembangin dibanjar.Dan memanfaatkan lahan yg ada seperti,diatas got….Jadi selain bisa swasembada sayur,bisa sekalian memperindah lingkungan…..Bagus endak idenya????

  29. Wah..idenya Devin bagus banget..
    Nanti kalau sudah berhasil, sharing di weblog saya ini ya..
    Salam,
    Jlh

  30. yang dilakukan ibu merupakan sebuah contoh yang harus dpat dikerjakan secara serentak oleh semua masyarakat yang sadar lingkungan sehat dan badan yang sehat.

    saya melihat gambar-gamabr yang di posting sangat menarik semoga dapat menggugah pikiran para ibu-ibu maupun bapak-bapak untuk membuat keindahan di sekita rumahnya untuk hidup sehat dengan organik.

    saya di rumah sudah melakukan itu dengan menanam tanaman kebutuhan dapur seperti loncang, cabe, ledri, dll dengan diberi kotoran ayam yang saya punya. hasilnya menarik

    salam buat teman-teman,
    ayo kita mulai dari sekarang,
    hisup sehat dan berperilaku sehat melalui dengan bercocok tanam di rumah dengan pola organik.

    • Pk Teddy,
      Maaf baru membalas sekarang…kelewatan.
      SETUJU banget pak….menanam sayur sendiri aja, Jadi ga ada alasan sayur organik mahal..
      Salam Sehat

  31. Q brhrp kt “organiK” sdh membooming bg msyrkt khsusnx masyrkt awam..
    Brarti msyrkt qt sdh mulai mmprhatikn kshtN&lingkungn..
    Sy jg brhrp dr garasibu jg mmprsiapkn team pnyuluh syr orgnk d daerh sktrnx..
    Tlg jg ibu jlskn bgaimn cr membuat pupuk organik. Tkb

  32. Dear Itha,
    Yang membuat pupuk organik sudah mulai banyak. Saya sendiri tidak menekuni dlm pembuatan pupuk organik. Bbrp thn lalu saya pernah membuat kompos tetapi berhenti. Yang saya lakukan sekarang adalah mengumpulkan sampah2 daun kering dibawah pohon2 besar..sedangkan sampah organik lainnya dimasukkan dalam lubang biopori yang ada di halaman rumah. Info ttg lubang biopori bisa di akses di internet.
    Terimakasih sudah mengunjungi blog saya..
    Salam Sehat

  33. satu idea yang baik menanam sayur organik di dalam pot-pot atau pasu,boleh juga menjimatkan kos membeli sayur organik

  34. Blog yang cantik, informasi yang bagus tentang hidup sehat dengan sayuran organik.

  35. Yth Meirizal

    Terimakasih sudah singgah, semoga bermanfaat.
    Salam sehat selalu

  36. Yth dkay

    Setuju….!! Menanam sayur sendiri bisa menghemat biaya dan bisa lebih sehat.

    Salam,
    Jullie

  37. alhamdulilah selama ini saya sudah menanam sayur di rumah, kebetulan halaman kami cukup luas, namun saya masih hanya menanam kangkung, singkong, cabe rawit,dan tomat dan katukk. saya mau menanam sayur jenis lain tapi ga bisa caranya, terutama cara merawat, menanam(dari biji,batang atau cangkok. sebab saya ingin sekali bisnis syuran organik ini, selama ni saya hanya dmakan sendiri.
    terimakasih atas saran atau penjelasan yang lebih lagi.

  38. Dear Nurlatifah..

    Saya juga masih menanam di halaman dan pot rumah saja untuk kebutuhan se-hari2.
    Untuk sayur di Gerai organik & alami GARASI IBU ada supplier nya.
    Coba hugungi ibu Tuti Azis yang selain punya kebun juga melakukan pelatihan menanam sayuran organik. hubungi beliau di 021-7992033.
    Mungkin bisa juga menghubungi TRUBUS

    Trimakasih, semoga bermanfaat.
    Sukses dengan menanam sayur nya ya

  39. Salam kenal Ibu Jullie, pd dsrnya sy suka berkebun (bunga & sayur), meskipun sesempatnya krn sy bekerja dan lahan terbatas:) tp itu tdk menyurutkan minat & niat sy untuk suatu saat punya kbn sayur sendr. Sy sdh coba menanam tomat, cabe rawit & keriting, dan paprika, alhamdulillah berbuah meski blm maksimal. Di kios bunga Jl Harsono RM, Ragunan ada yg jual pupuk organik (ktnya). Sy sdh coba, mungkin itu yg membuat paprika sy berbuah (rata2 2-4 bh/pohon). sy akan cb hub ibu Tuti Aziz utk belajar. thx utk inspirasi n semangatnya…

    • Yesss…..Lukita, Semangat ya!!

  40. Dear Ibu,
    Salam kenal dari Ubud, Saya suka sekali berkebun, dan menanam adalah kebahagiaan saya, sampai sampai tidak sempat melakukan kegiatan lain, jam enam pagi sudah nyiram sejak 4 tahun saya tidak menggunakan pupuk kimia, dan insektisida kimia, sejak awal penanaman,bertanam secara organik itu gampang dan murah saya membuat kompos sendiri pupuk cair sendiri insektisida buat sendiri dan hasilnya? luar biasa, rasa sayuran maupun buah buahan sangat berbeda dengan anorganik, rasanya lbh manis sayur lebih renyah dan tentunya lebih sehat
    Ini sekedar sharing salam untuk semua dan salam sehat
    Faizah

    • Salam Kenal untuk Faizah..
      Saluuttt…..dengan pupuk organiknya.
      Boleh juga tuh ditularkan kepada yang lain..
      Suatu saat kalau saya ke Ubud mampir ahhh….

    • Gimana ya cara bikin kompos sendirinya, pupuk cairnya juga insektisida buatan sendiri bu? Trimakasih atas berbagi ilmunya.

  41. Salam kenal garasibu…blog yg bagus utk pencinta hidup sehat. halo jg ibu faizah saya tertarik untuk blajar bikin pupuk cair sendiri…bisa berbagi informasi bu?terima kasih

  42. Salam buat ibu
    sedikit saya ingin bertanya bagaimana memelihara ayam organik dan telur organik?
    Apa udah di uji di lab?
    Dan bagaimana hasil ujinya?

    • Eko,
      Pada prinsipnya, pembeliharaan ayam pedaging maupun ayam petelur organik dengan memberikan pakan yang tidak mengandung pestisida, insektisida dan input2 kimia lainnya seperti hormon penumbuh.
      Ada hasil uji lab nya. Tentu hasil uji analisa lab nya bebas dari semua unsur kimia tsb.
      Demikian, terimakasih

  43. salam kenal garasibu…blog nya bagus…sy tertarik menanam sayur organik. gmn cara mulainya yah..apa bisa dr sayuran yg kita biasa beli dipasar? kalo utk buah2an apakah jg bisa? makasih….

    • Dear Lani,
      Mulai saja dari sayur yang bisa Lani dapatkan. Syukur jika bisa mendapatkan sayuran organik. Pada Prisnsipnya sayuran organik tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida kimia.. Jadi hindarkan penggunaan bahan kimia tsb. Saya di rumah ada kangkung, bayam hijau dan merah, cabe, pare, pepaya.
      Buah juga bisa ditanam tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia.
      Silahkan dicoba. Kabari jika sudah berhasil ya.
      Salam sehat

  44. ppngen tau donk cara menanam kangkung organik yang baik…
    dari cara menanam hingga panen…
    dan brapa bulan sampe hasil panen tiba…
    makasih!!!

    • Ramdan,
      Menanam kangkung di rumah saya lakukan dengan menanam akar kangkung yang kita beli. Tidak usah diberi pupuk kimia. Dalam 7-10 hari sudah bisa dipetik.
      Silahkan mencoba

  45. Dear Garasibu,

    Terima kasih atas infonya yg bermanfaat di blog ini. Boleh tahu apakah anda menanam sayurannya di daerah Jakarta? Saya tertarik utk mencoba menanam sayur di rumah saya. Saya khawatir dengan iklim Jakarta yg sepertinya tidak mendukung utk menanam sayut. Apakah anda menerima pesanan antar utk daerah Pondok Indah? Terima kasih.

    • Martin,
      Untuk sayuran yang saya konsumsi sendiri saya tanam di halaman rumah saya. Tetapi untuk yang dijual di gerai saya, ada supplier yang menssupplai nya dan ditanam diluar Jkt.
      Kami bisa mendelivery ke Pondok Indah. Info produk yang ada serta harganya bisa di akses di http://www.garasiibu.com
      Terimakasih dan salam sehat

  46. Salam kenal….
    Saya lagi nyari artikel tentang bagaimana cara menanam secara organik…. pas baca blog ibu mendapat sedikit pencerahan. Makasih bu… Saat ini saya dah mulai nyemai benih Emes/Oyong dibedengan 10m x 1.5m rencananya pengen dijadikan sayuran organik. klo ga keberatan mohon masukan/informasi lebih lanjut agar sayuran tersebut benar2 organik dan nilai gizinya jauh lebih tinggi…

    • Salam Sehat,
      Senang sekali jika banyak teman yang mulai menanam sayuran organik sendiri, setidaknya untuk kebutuhan di rumah.
      Terus terang, saya menanam yang di rumah tanpa metoda apapun. Cukup ditanam biji atau akarnya saja. Yang jelas tidak menggunakan pupuk maupun insektisida. Karena saya punya gerai sehat (organik dan alami), sayur yang tidak saya tanam saya dapatkan dari supplier sayur tsb. Saya mungkin bukan ahlinya tanaman organik. Kalau anda tinggal di Jakarta, bisa saya rekomendasikan untuk bertanya kepada salah seorang supplier sayuran karena beliau menanam sendiri.

      Terimakasih

  47. Senang sekali bisa membaca blog Ibu , salam kenal dan mohon bisa tetap sharing ke depannya

    • Trimakasih Ima atas perhatiannya.
      Sayang kesibukan saya di gerai Garasi Ibu, membuat saya tidak sempat menulis dalam blog ini.
      Tapi…saya akan selalu berusaha.

  48. ass.mbk yuli!mbk gmn caranya brtanam sayuran organik di polybag cz aku sangat awam dg bidang tsb.gmn jg carax pemupukan&pupukx bisa buat sndr/tdk?thanks y sjm knl dri anis jombang jatim

    • dear Anis,
      Terus terang saya bukan ahli menanam. Saua rasa cara menanam di polybag bisa dicari di internet atau di majalah/buku.
      Buat saya, prinsipnya tidak menggunakan pupuk kimia. Daun2 kering dihalaman ditimbun di pohon2 besar supaya bisa menjadi pupuk. Sisa2 sayur dan kulit buah dimasukkah kedalam lubang biopori. Hasil pupuk dari lubang biopori bisa kita gunakan untuk tanaman.
      Semoga jawaban saya bisa memuakan keingin tahuan Anis.
      Salam

  49. Lubang biopori apa ya?

  50. saya sangat setuju untuk memberikan pengetahuan sayur organik kepada masyarakat. agar masyarakat dapat hidup lebih sehat, terhindar dari racun yang dibawa dari sayuran yang dimakan

  51. Dear gasaribu,

    saya sangat suka berkebun dan sangat ingin memiliki kebun sayuran organik dengan lahan terbatas, mohon infonya. tks

  52. assalamualaikum wr wb.salam kenal,saya adalah seorang petani,dan didesa saya adalah sentra sayur.namun tidakada yang mau menanam secara organik.itu dikarnakan pasar malah lebih menyukai yg an organik katanya kelihatan lebih bagus.penah saya mencoba menanam sayur dengan sistim organik malah tidak laku.sekarang saya mencoba lagi entah nanti laku ato tidak.yaa…itulah masarakat kita,ulatsaja gakdoyan malah dimakan,lalat aja gak maunyentuh karna adaformalin mah doyan.tlg yangmasih punya kesadaran kesehatan bantu saya,bagaimana cara pemasan sayur organi.agar masarakat desaku tau kalo sayur organik juga laku.terimakasih

  53. artikel yang sangat menarik hati,jad ingin segera menanam sayur nih

  54. wah keren nih,lumayanlah bertanam sayur sendiri buat penghematan.thanks infonya.

    • Yes….kenapa tidak menanam sendiri di rumah!!

  55. Syukur Alhamduliiiah sy bisa menemukan blog ini. Bagaimana cara mendapatkan bibit nya. Dan apakah tingkat kesulitan nya tinngi?.Trims jawaban nya…

    • Mulailah menanam dari sayuran yg dibutuhkan. Biasanya yg daun spt bayam, kangkung dll mudah menanamnya.

  56. ibu…salam kenal…sy sangat tertarik menanam tanaman organik,dan skrg dh mulai coba2 dipot ada cabai,pare,daun bawang tp kok kurang subur ya…gmn cara membuat pupuk kompos yg bener..selama ini sy bikin dr sisa2 sayuran waktu memasak saya potong2 kecil2 dh gt sy campurkan ke pot2 tsb…gmn??

    • Saya biasanya membeli kompos dari tukang tanaman.

  57. Dimana sih alamat u pelatihan. Sy lg coba menenem secara organik.

    • Tinggal dimana? Kami di Jkt melakukan pelatihan urban farming

  58. saya sangat tertarik dgn tanaman organik ini ,saya tinggal di kota malang n lagi mau galakkan hidup sehat dgn organik,tg seala infonya

  59. salam kenal ibu
    Saya cuma mau berbagi informasi mengenai organik2 ini. Saya suka membeli produk2 utk tanaman organik di ace hardware. Disitu ada pupuk utk pertumbuhan bunga, daun,buah, juga pestisida alami.

    • Sebaiknya kalau mau membeli sesuatu dilihat penjelasannya apakah memang organik atau kimia

  60. bagaimana cara menanam sayuran yang menggunakan media potongan paralon yang digantung

    • aya juga mencoba menanam di Paralon belajar dari buku yang saya beli di Toko buku. Silahkan dicari

  61. Ibu saya mau nanya..untuk menanam sayuran,, berapa ukuran pot yang baik.. soalnya saya pernah mencoba menanam sayur dengan pot yang saya buat dari bekas air mineral, tapi mati terus..mohon penjelasannya ya..terimakasih

    • Pot disesuaikan dgn besarnya tanaman. Jika tanaman sdh besar harus dipindahkan ke pot yg lbh besar.

  62. saya sangat berminat dengan tanaman organik,tapi saya belum menemukan orang yang secara langsung dapat mengajari cara penanamannya.ap bisa saya mempelajari ini kepada anda?

    • Jika tinggal di Jkt bisa ikut pelatihan organik urban farming yg kami adakan.

  63. mbak saya tanam kangkug di pot kok kecil tdk besar;bsar kenapa ya?

    • Apakah komposnya sdh bagus?
      Sama dengan manusia, sayuran juga perlu nutrisi bagus

      • Bu sy petani organic sy mau menawarkan sayuran organic apa bisa bantu untuk market nya 1-2 hari sy panen cesim no saya 087887522031 pin 286CD6D0 eki trmks

      • Saat ini saya kerjasama dgn kebun organik yg sekaligus juga mengantar pesanan pelanggan Kami di jabotabek.

  64. slam kenal. Saya suka mnanam, saya uda ada tanaman sprti salam, jeruk, cabe..dll, lumayan juga. Tapi bgmn ya cara mnghindari serangga pmakan daun? soalnya daun2 tanaman saya lubang2 dmakan srangga, slama ni yg sy lakukan saya tangkapin sndiri tu serangga…. tapi kan repot gitu. Pupuk sy pake kompos bikin sndiri. Trmksh atas masukanny

  65. love this blog…bravo mam….you inspire me a lots….

    • Terimakasih. Kalo menanam sendiri bisa dijamin sehat.

  66. Salam kenal….
    Pelatihan cara tanam organik Diselenggarakan di jalan apa, jadwalnya kapan dan biayanya berapa ya? Terima kasih

    • Tgl 26 Jan ini diadakan di Kebagusan. Kesempatan berikutnua bulan Maret. Jika berminat silahkan hubungi staf saya Rohma di no 08989353453

  67. Blog yang mantap…saya juga tanam sayuran organik tapi hanya untuk konsumsi pribadi. Bravo pertanian organik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: