Posted by: garasibu | October 18, 2007

Apa itu organik betakaroten?dan kenapa itu istimewa?

Apa itu organik betakaroten?dan kenapa itu istimewa?

Betakaroten sel tunggal adalah hasil penelitian peneliti Biologi LIPI bermanfaat sebagai provitamin A dalam bahan makanan yang didalam tubuh bermanfaat sebagai antioksidan serta meningkatkan sistim kekebalan tubuh.

 

Betakaroten yang diberikan sebagai suplemen pakan ayam (yang dicampur dalam minuman ayam) diserap dan disimpan dalam kuning telur. Semakin banyak Betakaroten terserap semakin gelap warna kuning telur.

Betacaroten yang dibuat dari jamur (yeast) serta kombinasi pakan herbal organik membuat ayam kuat daya tahan tubuhnya sehingga ayam tidak perlu suntikan obat dan hormon.

Bagaimana membedakan tampilan fisik ayam/telur organik betakarotin dengan ayam/telur lainnya?

Kalau dilihat dari tampilan memang tidak terlihat perbedaannya. Tetapi jika ayam dimasak, akan terasa dan terlihat perbedaannya. Begitu juga telur ayam, warna kuning telur yang pekat membuat rasa lebih enak.

Sudah teruji bebas flu burung, anti alergi serta sudah mendapatkan sertifikat HALAL. Su

Terimakasih,


Responses

  1. Ibu Yuli, klo telur itik yang di ternak rumahan dengan pakan katul dicampur nasi kering, apa itu juga bisa disebut organik? terus klo minuman untuk itik yg mengandung betakaroten, bisa beli dimana ya Bu? terima kasih.

  2. Bu Rudy,
    Prinsip Organik adalah bebas dari unsur2 kimia dan residu logam berat yg dalam dunia pertanian berasal dari penggunaan pestisida dan pupuk kimia. Sedangkan pada peternakan pada pakan dan obat2an. Pastikan katul dan nasi kering itu berasal dari pertanian organik.
    Sementara ini Betakaroten yang digunakan dalam peternakan ayam organik Betakaroten ini belum dijual di pasaran. HAKI (Hak Kekayaaan Intelektual) nya masih menjadi milik peneliti LIPI.
    Terimakasih dan Salam Sehat.

  3. salam kenal ya Bu…
    terimaksih sebelumnya atas informasinya.
    saya beternak ayam kampung dengan pemberian jamu. dalam budidayanya saya sama sekali tidak menggunakan bahan kimia/obat-obatan lainnya, saya hanya menggunakan jamu. Apakah ayam saya bisa dikatakan ayam organik?
    Dengan cara apa saya bisa mengetahui bahwa ayam saya mengandung betakaroten?
    apakah dari salah satu bahan jamu yang saya gunakan itu sudah mengandung betakaroten.
    ibu klo boleh saya mau bekerjasama dalam bisnis perunggasan terutama di ayam organik…
    terimaksih dan salam sehat.

  4. Senang bisa berkenalan dng bpk.
    untuk ayam dan telur yang saya pasarkan, secara rutin saya menerima hasil analisa lab yang menyebutkan kandungan lemak, protein, karbohidrat, beta karoten juga Residu pestisida, logam berat dan antiobiotik.
    Untuk hasil analisa 3 yg terakhir selalu ttd (tidak terdeteksi) adanya kandungan pestisida, logam berat dan antibiotik.
    Jika bapak berminat lebih jauh, harap menghubungi saya per telpon.
    Terimakasih dan salam sehat

  5. saya tertarik mohon info detil mengenai produksi telur organik ini makasih


Leave a Reply

Categories

