Posted by: garasibu | October 18, 2007

Ayam Organik Betakaroten

ORGANIK HI-PRO CHICKEN

 

Hi-Pro Chicken produksi kerjasama LIPI dan PT Farming Jaya memiliki keistimewaan antara lain :

  • Tidak menggunakan vaksin dan hormon
  • Mengandung Antioksidan Beta-KAROTEN
  • Mengandung protein tinggi dan rendah lemak
  • Daging berwarna kemerahan / tidak berbau anyir
  • Serat daging halus, lebih gurih dan ada rasa alami
  • Cocok untuk konsumsi anak-anak masa pertumbuhan

Hasil penelitian menunjukkan, semakin banyak Betakaroten yang diminum induk ayam, semakin banyak pula Betakaroten yang disimpan dalam jaringan (daging), sehingga embrio tumbuh dan berkembang dengan memperoleh sebagian besar energinya dari oksidasi asam-asam lemak dari kuning telur untuk perkembangan jaringan otak, saraf, dan retina, serta sebagai komponen penyusun membran fosfolipid yang berperan penting dalam memberikan sifat biofisik yang sesuai bagi perkembangan dan fungsi sel-sel saraf dan sel-sel fotoreseptor retina embrio.

Adanya betakaroten dalam daging dan telur ayam, berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah peroksidasi asam lemak dalam daging.

 

Demikian pula saat anak ayam keluar dari cangkangnya dan mengalami perubahan/ stres lingkungan berupa laju metabolisme yang cepat bersamaan dengan penggunaan paru-parunya memerlukan antioksidan untuk menetralisasi terbentuknya radikal bebas.

ANALISIS

HI-PRO CHICKEN

KOMPOSISI NILAI GIZI PER 100gr DAGING

Kadar Air

47,80 gr/100gr

55,90 gr/100gr

Protein

63,10 gr/100gr

18,20 gr/100gr

Lemak

15,26 gr/100gr

25,00 gr/100gr

beta-Karoten

89,43 gr/100gr

Selain fungsi antioksidan, fungsi lain beta-karoten adalah untuk sistem kekebalan anak ayam/unggas. Anak ayam yang baru lahir sistem pertahanan tubuhnya masih bergantung pada antibodi yang diberikan induknya, sehingga induk ayam yang diberi suplemen antioksidan beta-karoten akan mengalami peningkatan retensi antibodi dalam daging sehingga antibodi ini dapat dipakai apabila anak ayam yang baru berumur sehari diserang penyakit.


Responses

  1. Saya retno bergerak dalam bisnis perunggasan diantaranya ayam broiler, pejantan, kampung dan bebek. Saya ada penawaran ayam broiler organik
    dari banyumas dengan data dr lab FKH IPB
    sbb ; – residu antibiotika thd tetrasiklin HPLC negatif
    – kadar lemak dg metode soxlet 2.75%
    – titer nd metode HI 2*
    – titer AI metode HI 2*
    – gumboro metode elisa negatif.
    Pertanyaan saya ;
    1. bgmn ayam organik yg ditawarkan gasibu apakah broiler, pejantan atau kampung .

    2. harga per kg / per ekor berapa

  2. Mba Retno,
    Trimakasih sdh singgah ke blog saya. Dan tadi kita jg sudah komunikasi per telpon ya. untuk data analysis bisa dilihat di blog saya, silahkan masuk KATAGORI Ayam organik & telur Organik.
    Sdh mendapatkan Setifikat Halal &Penghargaan dari MURI. Laporan hasil pengujian serologi H5N1 oleh Dinas Peternakan UPTD Balai Penyidikan Penyakit Hewan dan Kesmavet dinyatakan negatif H5N1. Yang terakhir kami terima 6 Feb 2008, hasil uji HI test AI protektif 93% dan HI test ND protektif 100%.
    Ayam kami broiler. sesekali ada ayam kampung.
    DAftar harga juga ada di blog ini. Terimakasih mba Retno

  3. dear mba yang baik
    saya tertarik dengan konsep ini ,terus terang saya baru tahu sekarang tentang ayam organik setelah saya mengenal dengan konsep pertanian organik.
    Saya sekarang sedang ingin mencoba usaha ternak ayam potong,dan saat ini sedang aktif mengumpulkan artikel tentang beternak ayam pedaging.
    jiks mba bersedia saya ingin tahu secara lengkap cara budidaya ayam pedaging organik ini.
    Terima kasih
    mba bisa langsung contac ke email saya

  4. Heri
    Salam Sehat..
    Wah senang sekali kalau peternakan ayam organik bisa lebih banyak supaya semakin banyak yang bisa mengkonsumsi ayam sehat.
    Bisa telp saya?? Nanti kita atur sama-sama bertemu dengan penelitinya.
    Terimakasih

  5. saya sangat tertarik prihal peternakan ayam organik, dimana bisa dapat info lengkapnya. Saat ini saya punya peternakan dengan kapasitas 12.000 ekor, mohon bantuan untuk aplikasi organiknya. terima kasih

  6. Yth bpk. Muahammad Idris.

    Bisa kah bapak menelpon saya?
    Saya ingin punya gambaran yang lebih jelas sehingga saya akan bisa memberi saran untuk langkah selanjutnya kemana bapak berkonsultasi.
    Terimakasih

  7. salam kenal ya bu..
    saya Agus lulusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis UIN Syahid Jakarta.
    Saat ini saya memiliki usaha yang salah satu bidangnya bergerak di perunggasan. Dengan populasi ayam kampung kurang lebih 4000 ekor. Dalam budidayanya saya tidak menggunakan bahan kimia/obat-obatan, saya hanya menggunakan jamu setiap harinya. yang mau saya tanyakan…
    bagaimana caranya untuk mendapatkan lebel ayam organik di usaha saya?
    bagaimana caranya untuk mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada Daging dan Telur Ayam hasil budidaya saya?
    mohon kerjasamanya. Terimakasih dan Salam Sehat

  8. Pak Agus,
    Terimakasih anda sudah menghubungi saya juga via telp. Setahu saya, di Indonesia juga ada badan sertifikasi organik, tetapi ayam dan telur yang saya pasarkan ini “on going proses” untuk mendapatkan sertifikasi CERES German (www.ceres-cert.com) dimana harus memenuhi persyaratan USDA.
    Untuk hasil analisa Lab, bekerjasama dengan LIPI dan Departemen Pertanian.
    Terimakasih, semoga bermanfaat.

  9. saya org malay ingin bertanya ttg ayam organik, pertama makanannya

  10. Salam Kenal
    Pakannya dibuat dari Jagung dan tulang ikan.

  11. bu saya pedagang telur kampung, saya tertarik tuk pemasaran saya untuk pasar jakarta barat telur organik harga berapa kalo partai, produksi ternak ibu berapa butir perhari. sistemnya gimana bu untuk pemasarannya

  12. Yth Djaenal,
    Untuk menjadi agen ada beberapa persyaratan yang saya tidak sulit pak. Antara lain minimum order 50 pcs sdh bisa menjadi agen. Kemasan kami macam2, juga bisa curah.
    Agak sulit untuk dibicarakan lebih detail dalam blog ini, jadi saya berharap bapak bisa menelpon saya di 68469785 (Flexy).
    Terimakasih

  13. Saya sangat senang dengan blogini. Kalau boleh,kami minta bimbingan tentang ayam pedaging organik ini yang lebih inovatif. Karena kami ingin bertenak dan mengikuti lomba perunggasan di tingkat SMK. terima kasih sebelumnya.

  14. Fahri
    Tinggal dimana?
    Jika di Jakarta, bisa saya bantu mempertemukan dengan penelitinya DR. Djoko Sulistyo.
    Salam

  15. Saya bertempat tinggal di Kalibata, Jakarta Selatan.

    Saua mau membeli ayam organik, karena saya memang takut mengkonsulsi ayam negeri. Di pasar swalayan mana saja, saya bisa menemukan ayam organik?

    Terima kasih

  16. Dear Dila,
    Saya sependapat dengan Dila untuk mulai mengkonsumsi makanan yang sehat,
    Silahkan datang ke Gerai organik dan natural GARASIIBU di taman Rasuna, Rasuna Office Park FR-01. Telp 837 86 282.
    Aneka ragam produk2 organik dan alami asli Indonesia bisa Dila jumpai disana. Tidak hanya ayam dan telur, juga ada aneka beras, gula, garam, kecap, trasi, sayuran dll.
    untuk pemesanan selanjutnya kami bisa melakukan delivery.
    Saya tunggu kedatangannya..
    Salam sehat

  17. ibu yg baik, saya sdh cukup lama berternak ayam kampung dan sekarang ini sedang mencoba untuk ternak secara organik. boleh saya minta saran dan petunjuknya. trimakasih

    • Dear Nana,
      Maaf baru sempat membalasnya.. karena kesibukan saya sehingga jarang membuka weblog saya ini.
      Jika tidak keberatan, silahkan telp saya di 021-68469785 (flexy).
      Terimakasih

  18. dear yth Ibu Julie,

    saya seorang pegawai swasta yang baru mencoba memulai beternak ayam, saya sangat tertarik sekali dengan ayam organik, kalau Ibu berkenan, mungkin Ibu bisa memberikan informasi dan saran mengenai beternak ayam organik melalui email saya: dpjonlinex@yahoo.com

    terima kasih,
    dhani

    • Dhani,
      Jika tidak keberatan, silahkan telp saya di 021-68469785 (flexy).
      Terimakasih

  19. ayam yang paling ditakutkan adalah residu antibiotik
    pertanyaan saya > apakah ada data lab bebas residu antibiotik yang umum dipakai pada ayam?
    terhadapa golongan quinolon (enrofloxacine, norfloxacin, dll)
    jika ada data uji residu antibiotik yng lebih komplit(terhadap antibiotik yang umum dipakai pada ayam)?
    yang paling penting Hasil Audit berkala jauh lebih penting.
    terima kasih

  20. kalau saya coba masarkan telur organik ini ke madiun harganya jadi berapa ya? ada brosurnya gak setelah jadi agen?

    • Irfak,
      Untuk sementara ini masih sulit memasarkan sampai ke Madiun. Resiko pecahnya besar. Selain itu produksinya untuk memenuhi Jakarta dan sekitarnya juga belum mencukupi.
      Terimakasih

  21. DEar bu Yuli
    kalo ad cabng utk wilyh sumatera-utara mhon infonya…klo blum ad sya jg minat untk jd agen di daerah tsb,
    contack person 0813.71825.33.7
    salam
    ikhsan

  22. saya tinggal di Fatmawati, Jak-Sel. Bagaimana cara membuat pakannya? adakah pakan organik yang sudah jadi di pasaran? bisakah pemanfaatan pakan organik dipakai untuk untuk ayam pelung dan bangkok? l

    • Sdr Rukyat,
      Setahu saya, Farming Jaya membuat sendiri pakannya bukan dari pakan yang pabrikan.
      Jika ingin bertanya lebih lanjut, silahkan hubungi Sdr. Johnson Sukwanto di 022-91111988


Leave a Reply

Categories

