Posted by: garasibu | January 26, 2008

MENINJAU PETERNAKAN BEBAS FLU BURUNG

imgp0082.jpgimgp0085.jpg

 

 

 

(klik gambar untuk memperbesar)

Peternakan itu terletak di Bandung Timur.
Kesan pertama masuk ke lokasi peternakan ini: bersih dan tidak bau.
Inilah peternakan kerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang memelihara Ayam pedaging dan petelur secara organik dan memberi jamu herbal (sebagai vitamin) plus betakaroten. Cairan betakaroten yang dibuat dari sejenis yeast tsb diberikan pada minuman ayam.

Dengan pemberian betakaroten pada minuman ayam, meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Ayam~ayam tidak perlu diberi suntikan obat~obatan dan hormon. Ayam menjadi sehat dan kuat alami. Apalagi peternakan juga menerapkan beberapa konsep seperti: imgp0071.jpgBio-Security dan managemen kandang yang Hygienis. Semua pegawai yang akan ke kandang harus mencuci tangan. Tidak semua orang diizinkan masuk. Kandang juga ditutup dengan kawat sehingga burung tidak bisa masuk kedalam kandang.

Aku yang diberi kesempatan masuk, juga tidak kawatir kena flu burung karena aku tahu peternakan ini sudah mendapatkan sertifikat bebas flu burung dari Dinas Peternakan yang secara rutin di periksa.

Lebih lanjut tentang betakaroten, selain meningkatkan daya tahan tubuh ayam, kita yang mengkonsumsi ayam dan telurnya mendapatkan manfaat betakaroten sebagai antioksidan .*** imgp0072.jpg


Responses

  1. saya mau nanya soal penyakit ayam, saya suka memelihara ayam tpi sering kena penyakit terutama pada mata siring ada gumpalan putih dan bisa menebabkan kebutaan pada aym. kalau boleh tau apa penyebabnya dan apa obatnya tirm,

  2. Yth. Cuncun
    Bagaimana dengan sanitasi kandang dan lingkungan?
    Peternakan yang menproduksi ayam organik ini dulu juga pernah mengalami seperti itu, kemudian sanitasi kandang dan lingkungan lebih ditingkatkan dan penyakit itu tidak ada lagi..
    Semoga bermanfaat
    Salam,
    Jlh

  3. selamat atas usaha nya semoga selalu bisa menjadi mata mencarian yang akan bisa anda kembangkan goodluck

  4. Trimakasih pak Zarkasi..
    Semoga kesuksesan juga menyertai anda

  5. saya lagi nyari contoh kandang untuk ternak ayam broiler,dimana ya ada yang bisa kasih info ngga ya ,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  6. Pak Heru
    Silahkan menghubungi dinas peternakan setempat.
    Mungkin bisa juga ke fakutas peternakan.
    Terimakasih

  7. Selamat siang. Saya mohon tanya apakah bapak/ibu tau peternak telur ayam arab betakaroten di daerah bandung & sektr nya ? Terima kasih utk perhatiannya. Halim.

  8. Yth B Halim.
    Bisa jadi yang anda maksud adalah peternakan yang saya kunjungi ini.
    Jika anda ingin tahu lebih banyak silahkan menghubungi saya via telp.
    Terimakasih

  9. salam kenal,
    bagaimana ibu bisa bekerjasama dengan lipi?
    kalau berkenan memebrikan cara-caranya saya ingin menjalin kerjasama seperti itu.
    terimakasih

  10. Pak Teddy,
    Saya kebetulan memang keluarga LIPI…suami saya bertugas di LIPI.
    Semua hasil penelitian LIPI terbuka diaplikasikan oleh siapa saja yang berminat.

  11. saya lagi membuka usaha peternakan ayam arab untuk diambil telurnya. saya baru mengawali dengan skala kecil karena lokasi peternakan bersebelahan dengan perumahan takut ada kritikan dan demo dari warga setempat.

    saya tertarik sekali mengembangkan peternakan yang secara organik dan memberi jamu herbal (sebagai vitamin) plus betakaroten seperti yang ibu tulis di atas. bagaimana saya dapat resep tersebut dan kalau saya menyediakan diri untuk berkerja sama dengan lipi, bagaimana prosedur dan syaratnya?

    saya pernah menggunakan pupuk cair organik serbaguna bermerek SUPRA dan ada beberapa produk yang khusus untuk pedaging dan petelur. ketika menggunakan pupuk tersebut hasilnya baik dan kandang tidak bau. sekarang saya kehilangan kontak hampir 4 tahun karena ada info bahwa perusahaan tersebut bubar.
    apakah ibu juga mengenal produk tersebut?

    o….iya,
    kalau berkenan berkirim email utuk info yang tidak dapat disampaikan lewat blog ibu, alamat email saya adalah tdywirawan@yahoo.com

    terimakasih atas perhatiannya

  12. Pak Tedy,
    Untuk informasi tehnis di kandang silahkan hubungi Johson di 02291111988.
    Dengan LIPI bapak tertarik bidang apa karena Lipi punya banyak pusat2 penelitian.
    Di Jogya juga ada UPT.
    Di NTB juga ada yang berkaitan dengan penelitian mutiara. Di Ambon juga ada dlsb.
    Saya sarankan bapak browsing kegiatan LIPI di internet juga..mungkin bisa membantu bapak.
    Semoga bermanfaat.

  13. terima kasih informasinya

    salam dan doa

  14. Asslam… Bu sy sjak kecil sngt tertarik dgn perternakan unggas. Apa blh bu saya minta almat peternakan ibu? Dan klo bsa sy ingin bljr dn bekerja di pertenakan ibu??

  15. bu sy siswa smk. yang sedang menunggu kelulusan. tlng mba garasibu.sy sngat tertarik saya mnta alamat peternakan ayamnya donk.bls ya mba saya tunggu.

  16. Wahyu,

    Peternakannya ada di Bandung..
    Saya tidak yakin setiap orang boleh masuk untuk mencegah adanya flu burung maupun penyakit2 lainnya.
    Tapi tidak ada salahnya coba hubungi sdr. Johson di 02291111988.

  17. begitu ya bu. makasih ya bu. nanti saya coba hubungi. semoga ibu slalu sehat dan succes.

  18. Wahyu,
    Semoga sahat dan sukses juga selalu menyertaimu.

  19. saya mhsw peternakan,,
    saat saya mlksanakan praktek di suatu perusahaan ayam petelur,,banyak saya temukan ayam mati dengan kondisi telur dlm oviduc telah membusuk dg telur berisi cairan berwarna coklat..
    selain itu, kondisi oviduk tertutup lemak..
    kira-kira ap pnyebabnya dan mgp telur bs membusuk di dalam tbuh ayam sblm dikelurkan????
    trimaksih

  20. terimakasih informasi nya, sangat berguna dan bermanfaaat buat saya….
    makasih dan salam kenal

    • Terimakasih dan salam kenal kembali

  21. salam sukses bu,
    langsung ya bu saya ingin menjadi pedagang/agen telur peternakan ibu,bagaimana cara dan syaratnya mohon diberi penjelasan.Semoga bisa terjalin kerja sama yang baik dimasa depan.
    terima kasih,wasalam

    • Mpunk,
      Mohon diberi informasi anda tinggal dimana?
      Jika tidak keberatan silahkan hubungi saya di flexy saya: 021-68469785.
      Terimakasih

      • oya alamat saya di Sarijadi blok 08 no.92 Bandung . no.flexi saya 022.70 18 19 20

  22. Mpunk,
    Nanti ada sdr. Johnson yang akan menghubungi anda.
    Semoga bisa terjalin kerjasama.
    Terimakasih

  23. Saya seorang dokter hewan. Sudah sejak lama tidak ada lagi peternak ayam (broiler) di Indonesia maupun dunia, yang menggunakan hormon. Hanya saya jumpai di literatur2 lama, sebelum (sekitar) 1970an.
    Sekarang semua peternakan modern menggunakan strain (breed/turunan) ayam dengan potensi genetik yg diperbaiki, sehingga tumbuh cepat dan makannya banyak.
    Tapi ayam organik, saya setuju lebih kecil resiko kontaminasi antibiotika, karena bila ayam sakit tidak boleh diobati, melainkan dengan preparat alami. Atau diseleksi dan dipisahkan. Pemakaian antibiotika umumnya memerlukan waktu tujuh hari sampai bebas residu (tidak terdeteksi).

  24. di perusahaan anda apakah menyediakan bibit/DOC ayam arab,kami berlokasi di Tasikmalaya,kami pingin beli DOC ayam arab, berapa harga per dus trimakasih kami tunggu infonya


Leave a Reply

Categories

