Posted by: garasibu | February 2, 2008

MENGAPA SARAPAN TELUR

eggs2.jpg

Sarapan pagi dibutuhkan untuk mengembalikan energi karena saat tidur malam persediaan karbohidrat banyak terpakai untuk perbaikan dan pemulihan sel. Ini ditandai dengan hasrat akan karbohidrat (jam 6-8 pagi) yang disebabkan karena meningkatnya hormon kelenjar Adrenal. Agar gula darah dan serotonin (kimia pengatur suasana hati, konsentrasi dan nafsu makan) stabil, hindari karbohidrat sederhana seperti donat, roti manis, cake atau nasi putih. Pilih Karbohidrat kompleks yaitu BUAH.

Lanjutkan dengan protein sehat seperti TELUR, yoghurt, susu kedelai, tahu atau tempe. Dikaitkan dengan siklus pencernaan (lihat jam biologis), pagi hari adalah siklus pembuangan, maka sebaiknya sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna yang tidak membutuhkan energi besar dalam proses pencernaannya.

Belum jelas benar, mengapa dengan sarapan 2 butir telur membuat rasa kenyang lebih lama. Namun diperkirakan karena kandungan protein dan nilai biologisnya yang tinggi yang berperan menghasilkan rasa kenyang. Menurut penelitian di Rochester Centre for Obesity di Michigan USA bahwa makan telur ayam untuk sarapan dapat membatasi masukan kalori sepanjang sisa hari sampai lebih dari 400 kalori.

Telur merupakan bahan makanan hewani yang murah dan praktis memasaknya.
Mengandung cukup mineral dan semua vitamin kecuali vitamin c. Komposisi asam aminonya nyaris sempurna, begitu juga daya cerna dan daya serapnya, hanya terkalahkan oleh ASI.

Pengalamanku, dengan sarapan 2 butir telur memang mengenyangkan, bisa bertahan sampai siang tanpa nyemil. Bahkan sering rasa lapar baru timbul jam 13.00. Sesekali aku juga mengkonsumsi yang lain seperti, yoghurt, susu kedele atau tahu/tempe. Dibandingkan dengan minum susu kedele atau yoghurt, sarapan dengan telur lebih mengenyangkan. Susu kedele juga tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak, cukup 2-3 gelas/minggu. Yoghurt juga harus plain dan memastikan mengandung Acidophyllus. Pemanisnya harus dari buah alami yang kita racik sendiri. Tahu atau tempe juga mengenyangkan tetapi aku harus makan dalam jumlah banyak. Jadi aku tetap lebih suka memilih telur sebagai sarapan setelah makan buah. Tentu aku memilih telur Organik betakaroten, yang free antibiotic, free hormone dan mengandung betakaroten sebagai antioksidan…..***

(Baca: Agar diet telur sukses)

( dikutip dari tulisan Andang Gunawan: Body Clock Diet dan Sarapan 2 butir telur, juga dari Mas Wied harry Apriaji: Makan telur tidak menaikkan cholesterol)


Responses

  1. mbak Jullie … aku diet udah kira2 udah 2 minggu lebih, tau gak mbak sekarang kalo udah makan telor trus ampe lunch perut masih kenyang malah sampe gak dinner. pagi kalo gak di paksa minum jeruk , buah n telor mungkin bisa gak makan. apa krn aku masih kebanyakan suku cadangnya ya ? aku sekarng malah tambah percaya diri ….

  2. Dear Uthit
    Wah..ga boleh jg ga makan siang dan malam.Setiap hari tetap harus ada masuk 2 macam protein hewani, tetap ada masukan hidangan pati dan tetap harus ada banyak sayur..tetap juga harus minum air putih. Kalau mau, 2 jam sekali makan buah doang untuk detoks..

  3. Halo… terima kasih tela menunjukkan artikel ini… jadi lebih mudah untuk sarapannya… telur 2 butir…termasuk lebih mudah menyiapkan bekal anak2… kebetulan mereka suka telur…

  4. Dear Ayu
    Akan lebih baik jika sarapan telur ditambah dengan sedikit sayuran, jadi anak2 sejak dini diperkenalkan untuk makan sayur.
    Memperkenalkan pola makan sehat sejak anak2 sama dengan menabung..Saat tua jadi tetap sehat, tidak perlu menguras tabungan untuk urusan sakit.
    Kalau tinggal di Jkt, boleh coba telur organik betakaroten lho. Rasakan bedanya dan manfaatnya.
    Salam Sehat

  5. […] pagi hari adalah siklus pembuangan, maka sebaiknya sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna yang tidak membutuhkan energi besar dalam proses pencernaannya. (Lihat Mengapa Sarapan Telur). […]

  6. mbak,bisa tolongin saya gak? saya pengen diet.dan saya gak bisa buat jadwal mkanan apa aja yg hrus dimakan untk diet dan jam brp aja hrus makan dan brhenti makan..apa telur aja ckup? bukankah smakin bnyak braktivitas,smakin bnyak energi yg trkuras brarti smakin bnyak cadangan mkanan dlm tbuh yg keluar sbgai kringat(misal,karbohidrat),dan pastinya kembali laper..apa harus mkan buah lagi tiap laper?oya mbak,buah apa aja yg boleh dijadikan obat diet serta lancarkan BAB?mbak,tolong ya.soalnya saya orangnya mudah gemuk.soalnya mama saya juga gemuk.tp gemuk mama saya,gak turunan.saya pernah diet,tp ujung2nya saya kena asam lambung…

  7. Halo Dewi
    Wah banyak banget pertanyaannya. Pola makan sehat alami FC ug saya ikuti bukan untuk diet ttp memperbaiki metabolisme & disesuaikan siklus fungsi tubuh (lihat jam biologis). Jika berminat bisa beli buku Food Combining maupun buku2 resepnya. nanti jika tidak jelas boleh tanya lagi & jika tinggal di Jkt boleh telp saya. Sekalipun banyak aktivitas, pola makan FC justru membantu kita lebih berenergi. Buah apa saja baik u dimakan asal dimakan saat perut kosong bukan setelah makan. Jangan mencampur protein hewani & pati. Banyak makan sayur & beras merah. Hindari beras putih & makanan dari tepung. Asam lambung tinggi adalah salah satu tanda pola makan kita salah. Silahkan mencoba.

  8. wah bagus artikenya ijin copas ya bu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: