Posted by: garasibu | February 8, 2008

MENYIASATI FOOD COMBINING (2)

Sore ini aku dapat sms dari temanku Ninin yang isinya begini: “Say…besok makan siang di kantorku ya, ada bakwan malang…”
Woow…..aku jadi ingat, besok ulang tahunnya.
Aku tahu dia pasti menyiapkan makanan lain karena dia pasti akan juga mengundang teman-teman & anak buahnya.

Keesokan harinya aku datang di ruangan yang sudah terhidang macam-macam makanan. Ada serabi, tart, bakwan malang…dan buffet nya ada Daging cabe hijau lada hitam, ayam pedas, tengiri dibalut tepung, Cah brokoli jamur dan lalapan.. Sudah pasti ada aneka buah dan pudding.

Seperti biasa, aku harus pandai2 memilih makanan. Siang hari aku lebih memilih protein hewan daripada pati karena protein hewan lebih lama waktu cernanya. Hmmm..milih apa ya? Mau ambil ikan goreng tepung tapi kok agak bosan karena kemarin Inem masak ikan goren tepung juga. Mau ambil ayam, sudah pasti bukan organik.

Ya sudahlah ambil daging cabe hijau agak banyak, cah brokoli jamur jg banyak dan lalapan. Ada yang bertanya, kok nggak makan nasi. Aku jawab sambil becanda, di rumah sudah banyak makan nasi…

Cukup mengenyangkan, tapi yang ulang tahun masih minta aku mencoba bakwan malang. Aku pikir boleh juga nih untuk menghangatkan badan saat hawa agak dingin karena hujan deras. Aku pilih tahu isi dan sepotong bakso.

Selesai makan, masih juga aku disodori pudding dan buah.. Aku bilang: “aduh…perutku sudah kenyang..”
Lalu ditawarinya :” kalau gitu serabinya dibawa pulang aja ya…”
Tentu saja aku setuju..terbebaslah aku dari makan-makan yang manis setelah makan besar..***


Responses

  1. Setelah mengikuti program detox 21hari, badan terasa segar sekali. Yang dulunya hampir setiap hari migrain sekarang tidak lagi. Hidup dengan pola sehat banyak makan juice sayur-sayuran segar, buah-buahan dan biji-bijian. Berat badan pun turun dengan sendirinya dari 87kg dalam 3 bulan turun menjadi 67kg. Sekarang setelah hampir 1 tahun hidup dengan vegetarian yang sehat yaitu tidak menggoreng dan sekali-kali makan yang raw food (sayur mentah) berat badanku stabil di angka 61kg.

  2. Dear Lulu,
    Wah…hebat sdh bisa detoks 21 hr. Dengan Juice Fasting? Saya blm pernah detoks juice fasting. Saya berusaha ketat dng FC dan puasa khususnya ramadhan. Saya jg tidak bisa vegetarian, tensi sy langsung drop.
    Senang ya bisa menjalani hidup sehat..
    Salam Sehat selalu

  3. yang ini jg sya belum tahu, tentang detox.., mohon dijelaskan apa yang mesti saya lakukan untuk detox, waktu membaca pengalaman Ibu Lulu saya jd pengin, saya termasuk kelebihan berat badan. makasih

  4. Dear Ibu Rudy.
    Orang harus detoks karena pH tubuhnya sudah terlalu acid. Detoks yg paling baik dengan buah/sayur. Dipilih buah atau sayuran karena kedua makanan itu adalah makanan pembentuk basa/alkalin. Jadi makanan ini harus ditingkatkan supaya pH darah kita naik ke arah basa/alkalin.
    Tidak usah takut kekurangan gizi. Sesudah detoks bisa kembali ke pola makan normal, tetapi harus yang sehat dan tetap menjaga keseimbangan asam basa. Kalau tidak, percuma aja detoks. Saya sendiri blm pernah melakukan khusus detoks buah/sayur, tetapi sy menjalankan pola makan FC. Pola makan FC porsi buah & sayurnya besar. Jika dijalankan dng teratur, secara tidak langsung juga terjadi detoks. Alhamdulillah badan jadi sehat dan ringan. Juga Sensasinya…jadi tenang!! Silahkan baca buku FC nya ibu Andang dan resep2 makanan FC nya mas Wied Harry.
    Salam sehat selalu

  5. ada yg bikin saya bingung nih… kalau saya baca dibukunya ibu andang… pagi sd waktu makan siang tuh hanya buah2an & sayuran saja… tp disini saya baca ada tambahan telur… jadi aman nih yg betul…karena sy ingin seriun menjalani FC

    • Dear Tety,
      Kalau sanggup sampai siang makan buah monggo saja. Biasanya itu disarankan untuk yang punya penyakit serius dan yang gemuk sekali.
      Kalau saya, sarapan buah sering saya campur yoghurt untuk mendapatkan proteinnya juga ditaburi kacang-2an sangrai.
      Sekitar jam 9 biasanya mulai lapar. Dulu saya isi jajanan sehat sedikit saja (misal, Ubi rebus 1-2 potong).
      Saat saya tanyakan kepada mba Andang, disarankan telur 2 butir, kenyangnya lebih bisa bertahan sampai saat makan siang. Ini sudah 3 tahunan saya lakukan. Memang di buku mba Andang yang lama tidak ada penjelasan makan telur itu. Saya belum sempat baca buku FC mba andang yang baru.
      Sekedar informasi, ibu Andang sebagai salah satu pelanggan setia “Garasi Ibu” yang secara rutin setiap minggu memesan ayam, telur dan nanas organik.
      Demikian, salam sehat.

  6. sorry, jadi mana nih yg betul? karena saya ingin serius menjalani FC🙂 mohon tanggapan dan saran apabila FC bisa dikombinasikan …

    • Dear Tety,
      Mudah2an penjelasan saya sebelumnya bisa menjawab.
      Yang jelas, pada pagi hari adalah siklus pembuangan. Jadi sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Salah satunya adalah telur. Yoghurt, tahu dan tempe juga mudah dicerna. Walaupun makan telur, tahu atau tempe, tetap saya kombinasi dengan sayur, terutama sayur mentah.
      Saya tidak paham maksud “FC bisa dikombinasikan”……??
      Salam,


Leave a Reply

Categories

