Posted by: garasibu | February 17, 2008

Ayam Ajaib – by Ayuna Hakim


chicken-finished-copy.jpg

Klik gambar untuk memperbesar

 

Duesseldorf, 160208


Ayam Ajaib

Halo halo ibu…maaf yah baru sempet nulis blog buat ibu nih….Sebenernya udah lama banget pengen nulis tentang ayam ini..baru bisa sekarang deh nulisnya…

Ok, let me start yah…nama saya Ayuna hmmm anak pertamanya Ibu, yang at the moment ber domisili di germany… ( bagi para pembaca yang ada rencana maen2 ke jerman dengan senang hati lo saya temani hehehehe)…ok back to topic. Ketika ibu memulai bisnis ayam organiknya..jujur saya adalah orang yang tidak seantusias itu untuk menanggapi bisnisnya ibu. Selain saya saat itu lagi sibuk bikin thesis sehingga saya jarang pulang ke rumah ( karena saya nge kost di BSD), saya bukan orang yang segitu concernnya ttg kesehatan (hehehehe peace bu)..sampai suatu ketika saya melakukan penilitian terhadap ayam karena ini berkaitan dengan thesis saya.

I’ll give a brief explanation about my thesis. Saya mengambil jurusan Mechatronic ( robotic dan automation system) sehingga untuk lulus saya diwajibkan untuk membuat robot atau system automasi..saya memutuskan untuk membuat oven yang bisa memasak automatis, dengan dimasukkannya makanan ke dalam oven sensor yang ada di dalam oven akan membaca waktu dan panas yang dibutuhkan untuk bisa mematangkan suatu makanan. Kita tidak perlu set panas dan lamanya waktu itu secara manual..semua akan dihitung automatis oleh oven tersebut.

Salah satu yang bisa dimasak dalam oven saya adalah ayam panggang..Saya menemukan bayak masalah dalam menentukan titik matanganya ayam, karena bentuk ayam yang abstrac dan kadar air disetiap ayam berbeda-deda. Saya melakukan penelitian hampir 4 bulan untuk mengtahui titik matangnya suatu ayam, dan saya berkesimpulan bahwa ayam negeri dan ayam kampung memiliki kadar air yang berbeda. Karena saya penasaran saya langsung inget ibu yang bergelut di bidang ayam, dengan santai ibu menjawab, “ iya…kan ayam negeri suntikan..isinya juga air’ gitu..lalu ibu menyuruh saya untuk mencoba dengan ayam organicnya…ibu memberi penjelasan bahwa ayam ini ga pake suntikan, dan makanannya sehat jadinya ga akan bau….

Awal2nya saya sempet meragukan itu…saya mikir akan seberapa beda sih ayam ini? Saya masuk ke lab saya mencoba melakukan penelitan dengan menggunakan oven saya…
Selama memanggang ayam, ruangan itu tidak bau….menurut ibu, bau ini disebabkan karena ayam negeri itu disuntik dan ada zat kimianya sehingga menghasilkan bau yang tidak enak

Berat ayam organik hanya berkurang 0.05 gram yang artinya adalah ayam itu isinya bukan air melainkan daging… karena kalau ayam negeri berat ayam bisa berkurang hampir setengah dari berat awal ayam tersebut. (lihat gambar atas) (ayam yang diteliti beratnya 1 kg untk semua jenis ayam)

Setelah dipanggang, ayam organik tetap juicy, ga kering dan ga basah tapi gurih.

    Mungkin para pembaca sama ragunya seperti saya ragu sama ayam organik ini pada mulanya atau mungkin ke tiga perbedaanyang saya sebut diatas tidak bisa membuat pembaca yakin sama keajaiban ayam ini…tapiii setelah saya melakukan penelitian ini saya segitu mengagumi ayam organik ini. Saya bisa yakin ini ayam berkualitas dan sehat karena selama 6 bulan bergelut dengan ayam, saya jujur udah muak banget ngeliat ayam dan segala masalah yang dihasilkan untuk memasaknya ( hehehehehehehehhe)..segala cairan dan bau yang dihasilkan oleh ayam broiler, ngebuat saya malas untuk berurusan sama ayam lagi setelah itu. Tapiiiii ayam ajaib ini berbeda, anda bisa merasakannya sendiri..hal yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah coba panggang ayam organik dan ayam broiler dengan berat yang sama at the same time….dan lihat berapa banyak air yang keluar dari ayam broiler dan setelah keduanya matang coba ditimbang lagi beratnya..dan anda akan menemukan perbedaan yang significant…

    Setelah semua kejadian itu membuat saya mendukung ibu 100% dengan segala aktifitas organiknya..

    Ayo buuuuuuu smangattttttt biar semua orang bisa hidup sehat hehehe

    Thank you for reading this artikel, kalo ada pertanyaan lebih detail silahkan ditanya…kalau mau maen2 ke jerman pun dengan senang hati i’ll be your tour guide….
    Salam sayang buat keluarga…dan hidup sehat dengan ayam organik ( hehehehe)

    Ayuna Hakim

    *jika ada pertanyaan mengenai tulisan dan penelitian saya, silahkan mengisi comment di blog ini, insya Allah akan saya coba jelaskan.

    Klik untuk memperbesar gambar

    chicken-experiment.jpg

    Gambar 3

    Gambar 2


    Responses

    1. Ass.wr.wb
      Dear mbak Ayuna Hakim..

      Salam kenal nama saya ibu luki asnan… saya adalah teman ibu Yuli…beliau adalah kakak kelas saya di IPB…walau kenalnya waktu di Al Izhar.

      Saya tertarik dengan penelitian yang dilakukan oleh mbak ayuna…meski saya sudah melihat ayam yang dijual ibu Yuli kalau ada pertemuan di LIPI..Kebetulan saya juga bergerak di bidang organik.. tapi ini pupuknya. dan penelitian saya dulu waktu di IPB juga mengenai ayam broiler.
      Saya memang dari fak peternakan. tapi sekarang bergelut di pupuk organik cair.

      Memang benar kata Ibu Yuli Ayam broiler kandungan airnya cukup tinggi dibanding dgn ayam kampung..apalagi sekarang ada ayam organik yang makanannya tentunya semua dari bahan organik. yang pastinya semua aman dikonsumsi dan sehat
      ditambah lagi dagingnya yang tidak basah dan tidak kering kalau di masak dan juici. serta berbau harum he..he.. saya percaya itu.

      Itu tadi berbicara ayam organik yang di konsumsi manusia langsung. La ini yang secara tidak langsungnya saja yaitu pupuk oraganik juga mempunyai kelebihan kualitas di bandingkan anorganik. kalau bicara ttg ini nanti panjang. yang pasti POC ini juga aman, tidak beracun dan ramah lingkungan… karena kita tidak membunuh musuh alami tetapi menghindarkan saja… sehingga siklus ekosistem tetap berjalan…

      Mbak ayuna memang menarik bila kita berbicara tentang organik…ditambah semakin banyak nya orang yang mencari untuk selalu sehat…. apalagi sekarang Deptan tahun 2010 telah mencanangkan Go Organik artinya…untuk saat2 sekarang kita2 yang bergerak dibidang organik harus siap dan gencar untuk mensosialisasikan hal 2 yang berbau organik ini.. sehingga komoditas organik ini dapat populer dan dapat terjangkau untuk semua kalangan. baik itu produknya maupun harganya.

      oke mbak Ayuna ini sedikit perkenalanan dari tante luki… sampai ketemu lagi ya… sukses selalu untuk mbak Ayuna.
      Wassalam wr.wb.
      Luki Asnan.

    2. Mba Luki
      Terimakasih sudah mampir di blog ku…Ayo kita bergandengan tangan “go organik”
      Salam Sehat Selalu ya

    3. Asslm…..

      Mba Ayuna salam kenal dari saya. Nama saya Nurfiti Sriani. Saya sekarang kuliah di IPB jurusan Manajemen Agribisnis tingkat 3. Saat ini, saya mau melakukan PKL yang kedua dan saya tertarik untuk mengambil materi pengembangan bisnis ayam broiler.

      Karena keterbatasan pengetahuan saya, tadinya saya tidak tahu kalau ada istilah ayam organik dan ternyata ada ayam yang diternakkan secara organik. Saya sangat tertarik dengan pembahasan ayam organik yang sudah mba Ayuna paparkan sebelumnya. Dalam pemaparan tersebut saya menangkap bahwa ayam organik yang mba Ayuna maksud adalah ayam negeri.

      Tapi disini saya ingin bertanya mengenai ayam broiler. Apakah ayam broiler juga dapat diternakkan secara organik? Kalau bisa, caranya bagaimana?

      Terimakasih atas kesediaannya menjawab pertanyaan saya ini. Mungkin setelah ini saya akan bertanya lebih banyak lagi mengenai ayam broiler.

      Wassalam…wr.wb.
      Salam Kenal
      Annie

    4. Dear Annie, salam kenal…
      Saya Jullie Hakim (owner blog) ibunya Ayuna. Ayuna memang ikut menulis di blog ini krn dlm tugas akhir sbg mhswi bid. Mechatronic dia membuat intelegent oven.
      Dlm percobaannya, Ayuna menggunakan ayam organik sbg sample sehingga dia bs membandingkan perbedaan ayam organik dengan yg bukan organik. untuk technical hasil penelitannya ayuna bisa di baca di tulisan dia.

      Ayam organik yg sy maksud dlm blog ini memang ayam broiler yg dipelihara dng cara organik. Barangkali Annie perlu tau dulu apa yg dimaksud dng organik. Sy jg alumni IPB lho dari FKH angktn 13.

      terimakasih sudah mampir ke blog saya…

    5. Assalam… wr.wb.

      Begitu ya bu… Saya kira ini blog_nya mba Ayuna…

      Sebenarnya kemaren itu, saya iseng aja membuka artikel mengenai ayam broiler dan kebetulan saya membaca blog Ibu. Dan disana saya membaca mengenai ayam organik. Karena ayam organik terdengar baru bagi saya, makanya saya tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Selama ini yang saya tau hanya sayuran organik saja.

      Saya jadi terinspirasi untuk mengembangkan ayam broiler dengan cara organik ini. Sebelumnya orang tua saya juga pernah beberapa kali menjalankan usaha ayam broiler, tetapi dengan cara non organik. Makanya sekarang saya pengen tau bagaimana teknis memelihara ayam organik ini.

      terimakasih ya bu atas keterangannya…
      wassalam…

    6. Salam kenal,

      Mbak, Ayuna yang budiman,….!!!!
      Mbak, kakek saya mengatakan Allah mencintai umatnya dan kepada umatnya yang dekat denganNYA akan diberikan rahasia kehidupan dimana orang lain belum tahu dan singkatnya orang tersebut dikatakan pintar. Bila tidak keberatan saya ingin bertanya, ayam organik yang diproduksi oleh mbak apakah pakannya organik atau bukan ? Bila organik, tolong bagi ilmunya bagaimana dengan komposisi pakannya.
      Mbak,… mimpi saya, ingin saya mengeluti di bidang pertanian organik, dari produksi sayuran organik, ayam organik dan targetan 2010 manusia organik pula di negara saya.
      Jujur saja mbak, selama di bangku PT,Fak.Pertanian/BDP saya hanya belajar bagaimana caranya memacu alam untuk memenuhi kehendak kita, dapat ditempuh dengan pengunaan pupuk anorganik tampa memperhitungkan dampak yang lain termasuk politik ketergantugan akan pupuk anorganik.
      saya mengenal dan tertarik pertanian organik beberapa bulan yang lalu, itupun saya mengikuti sebuah trening mengenai pertanian organik dan konservasi tanah dan lingkungan.
      Semoga mbak bermurah hati, dari tetangga Timor Leste. Nando.

    7. Bpk. Fernando, tetangga di Timor Leste.
      Saya Jullie Hakim (owner blog ini), ibunya Ayuna.
      Ayuna memang ikut menulis di blog ini krn dlm tugas akhir sbg mhswi bid. Mechatronic dia membuat intelegent oven.
      Dlm percobaannya, Ayuna menggunakan ayam organik sbg sample sehingga dia bs membandingkan perbedaan ayam organik dengan yg bukan organik. untuk technical hasil penelitannya ayuna bisa di baca di tulisan dia.

      Ayam organik yg sy maksud dlm blog ini memang ayam broiler yg dipelihara dng cara organik.
      Senang sekali jika bapak mau mengembangkan pertanian Organik di Timor Leste.
      Peternakan Ayam Organik Betakaroten ini kerjasama suatu Peternakan di Bandung dengan LIPI. Peneliti LIPI yang menemukan Betakaroten Sel Tunggal yang diberikan pada minuman ayam DOC, guna meningkatkan daya tahan tubuh ayam yang dipelihara dengan cara organik tsb.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam dari Indonesia..


    Leave a Reply

        Categories

