Posted by: garasibu | June 14, 2008

MAKAN SEHAT + OLAH RAGA

Sudah banyak diketahui bahwa olah raga sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan. Jika pola makan sudah benar, sudah selayaknya kita perlu meningkatkan kesehatan kita dengan ber Olah Raga, sekalipun dilakukan hanya 20 menit, tetapi rutin setiap hari.

Hidup sehat adalah dengan pola makan seimbang, yang sehat alami ditambah dengan Olah Raga.

Sebenarnya saya termasuk yang agak malas berolah raga. Pernah ikut fitness di suatu Mall besar, tetapi akhirnya berhenti karena menuju kesana melewati jalur 3 in 1, belum lagi sering sulit mencari parkir (ini sebenarnya alasan yang mengada-ada).

Lalu pernah berniat jalan pagi setiap selesai sholat subuh, tapi juga tidak berlangsung lama karena jika musim hujan tiba, sulit melakukan jalan pagi. Pada saat musim hujan sudah selesai, semangatnya sudah hilang. Namun menyadari pentingnya berolah raga, akhirnya aku dan suami memutuskan untuk membeli alat treadmill dan alat yang dipakai untuk olah raga beban. Menurut pakar olah raga, olah raga beban diperlukan untuk mencegah osteoporosis.

Tanpa kendala parkir dan hujan, setiap saat saya bisa melakukan olah raga. Yang diperlukan Hanyalah memotivasi diri sendiri supaya selalu tetap sehat.

Biasanya aku lebih menyukai olah raga dipagi hari. Sebelum berolah raga diawali dengan minum teh hijau dahulu, untuk membantu proses pembakaran kalori. Tentu tanpa gula. Menurut dokter kenalanku, olah raga harus dilakukan sampai badan kita keluar keringat. Jika tidak berkeringat, maka sepanjang hari kita akan lemas, lesu dan lelah.

Setelah selesai berolah raga, ritual pagi hariku dilanjutkan dengan minum perasan jeruk nipis + air hangat. Kemudian dilanjutkan dengan jus aneka buah/ buah potong. Aku menyukai jus jambu batu + apel, kadang-kadang ditambah nenas. Kalau suamiku menyukai potongan pepaya yang ditaburi dengan buah kering kismis lalu dituangi yoghurt tawar. Paduan tiga warnanya (orange pepaya, hitamnya kismis dan putihnya yoghurt)…hemm..mengundang selera. Selebihnya aku lebih memilih buah lokal yang sedang musim.

Setengah jam kemudian, jika terasa lapar, aku makan 2 butir telur rebus. Telur merupakan protein murah,yang jika direbus rantai asam aminonya menjadi pendek sehingga mudah dicerna. Cocok untuk disantap pagi hari supaya tidak membebani pencernaan dimana pagi hari sesuai jam biologis sedang melakukan proses pembuangan. Tidak lupa ditambah sayur mentah, biasanya aku lebih suka ketimun atau jus wortel.

Dengan membiasakan pola sarapan seperti itu, badan terasa ringan dan siap beraktivitas.

Tentu aku memilih TELUR ORGANIK BETAKAROTEN

Salam Sehat Selalu


Responses

  1. Bu Jullie, kalau ada teman yang bertanya tentang perbedaan telur organik dengan telur negri organik, penjelasan apa yang dapat saya berikan ? Matur nuwun, salam sehat.

  2. Pak Djoko
    Telur Organik adalah telur yang dihasilkan oleh ayam yang diberi pakan organik. Bisa ayam negri, bisa Ayam kampung, juga bisa bebek dan burung puyuh.
    Terimakasih, sudah menjadi pelanggan setia GARASI IBU.
    Salam Sehat juga!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: