Posted by: garasibu | June 26, 2008

Menyiasati Food Combining (3)

Seorang temanku yang punya hobi makan enak, mengajak aku dan teman-teman lainnya makan di Restoran Padang Sederhana. Restoran Padang ini memang cukup dikenal sebagai restoran dengan masakan padang yang enak. Semua orang tahu kalau makan masakan padang enaknya dimakan dengan nasi dan kita juga tahu Restoran padang sangat langka masakan sayuran. Dua hal tersebut yaitu mencampur nasi dengan Protein Hewani plus kurang sayur adalah hal yang melanggar pakemnya Food Combining. Mencampur nasi dengan protein hewani merupakan kombinasi yang tidak serasi. Kebiasaan makan nasi sekaligus dengan lauk pauknya memberatkan kerja pankreas. Jadi bagi Food Combiners, makan di Restoran Padang tidak bisa makan dengan cara seperti teman-teman lain yang bukan pelaku pola makan Food Combining.

Karena tidak enak hati jika tidak ikut bergabung makan dengan teman-teman, maka saya putuskan ikut bersama mereka. Lagi pula menjalani pola makan Food Combining tidak harus menjauh dari kehidupan sosial disekitar kita. Yang penting menyiasatinya, tetap taat dengan pakem “tidak mencampur nasi dengan protein hewani” dan harus banyak sayur. Sebenarnya makan sayur itu memang harus pakai niat yang kuat. Kalau seandainya badan tidak membutuhkan sayur, mungkin aku juga malas makan sayur. Karena sudah terbiasa makan sayur, jika makan tanpa ada sayur, perut rasanya tidak enak dan lama-lama mulutpun juga terasa tidak enak.

Nah…aku memesan ayam pop kesukaanku. Aku minta bagian dada dan minta 2 potong. Ayam Pop seperti biasanya disajikan dengan daun singkong rebus. Kebetulan juga disajikan terong balado, jadi aku juga tambahkan terong balado dalam piringku. Aku memesan jus wortel campur tomat. Aku bilang pada pelayannya agar es nya tidak usah banyak2, cukup sepotong kecil saja dimasukkan dalam gelas, jangan dicampur saat diblender dan gulanya dipisah saja, biar saya yang mencampur sendiri, begitu permintaanku pada pelayan yang mencatat pesanan minuman.

Karena makannya rame-rame, tidak terlalu menjadi perhatian teman-temanku bahwa aku makan tanpa nasi. Aku bisa tenang-tenang menikmati lezatnya ayam pop dengan cocolan sambal + daun singkongnya. Mengunyah pelan-pelan tanpa harus diburu-buru (baca Slow Down Diet). Setelah itu minum jus wortel tomatnya seteguk demi seteguk, dikulum bersama air liur. Alhamdulillah acara makan siang bisa dilewati dengan menyenangkan, mengenyangkan dan tetap berpegang pakem FC dan masih bisa minum sayur mentah (dalam bentuk jus wortel & tomat).

Salam Sehat Selalu

Picture Taken from here….


Responses

  1. saya sdh coba beberapa hari untuk menu sayur dan buah. Alhamdulillah badan terasa lbh enak dan rasanya tdk penuh..:) mhn saran klo konsumsi beras merah kombinasi yang benar sama apa ya Bu? terus kpn boleh konsumsi beras merah tsb? saya jg baca bhw beras merah kaya vit B. makasih.

  2. Selamat bu Rudy sdh mulai makan buah & sayur. Buah jgn dijadikan “pencuci mulut”, tp jadikan “makan buah” & dilakukan saat perut kosong. Sayur selalu mendampingi saat kita makan protein hewan maupun pati. Beras merah lebih baik dimakan mlm hari + sayur +tahu/tempe. Jgn dicampur dng protein hewani. Beras merah kaya akan serat juga.
    Silahkan dicoba & Salam Sehat Selalu

  3. terima kasih sekali atas sharing infonya. Mata saya agak kebuka tentang FC. Saya pernah nyoba FC tapi sempat terhenti karena saya agak berat beli buahnya. Jd saya mau nanya buah apa aja yang bisa di makan?katanya buah pisang gak boleh dimakan terlalu sering. Padahal buah pisang kan buah yang murah…trus buah jeruk apa boleh dimakan?

  4. Dear Husnul..
    Buah kalau dimakan pagi sebaiknya yang manis dan berair. Usahakan buah lokal saja yang sedang musim. Jangan terlalu banyak makan buah yg bergetah. Pisang boleh saja tp cukup 1 buah (Yg besar) dan dimakan terakhir dari rangkaian makan buah karena waktu cernanya agak lama sampai 30 mnt dibanding buah2 lainnya. Jeruk yg manis tentu boleh. Saya suka jeruk Pontianak dan Jeruk Medan. Saya juga suka pepaya, di-potong2, taburi kismis dan siram dengan youghurt tawar.
    Silahkan dicoba dan selamat menjalani kembali FC ya

  5. Salam…
    Saya dan suami baru mulai FC…
    Syukur deh ada blog seperti ini yang menyajikan siasat FC….
    TFS…

  6. Dear Nin..
    Terimakasih dan salam sehat

  7. wooo makasih sharingnya bu, saya n kelg br bbrp minggu ini nyoba fc,badan memang trasa lebih enak dan jd ndal tlalu pgn nyemil…

  8. Pandan,

    Go FC…dan Salam Sehat

  9. SAYA SERING MENYAMPAIKAN KE TEMEN-TEMEN TENTANG FOODCOMBINING. TAPI TANGGAPANYA TIDAK MEYAKINKAN. SAYA SENDIRI JUGA BELUM SEPENUHNYA MELAKUKAN POLA INI. SERING LUPA.

  10. Dear Winarti,
    Mungkin memang harus kita sendiri yang mulai.
    Jika hasilnya bagus, pasti orang disekitar kita juga akan mengikuti.
    Jika kita menjalani FC, biasanya tidak gampang sakit, sekalipun flu.
    Salam sehat

  11. sy skrg lagi belajar mengikuti pola makan FC. alhamdulillah banyak perubahan yg sy alami, sy punya keluhan pusing/migrain, dg pola makan FC maka dalam kurun waktu 1 mgg, sy sdh tdk penah merasakan kesakitan lagi. Oh ya, bagi teman2 yg di wilayah Jatim, bisa menghadiri acara Talk show dg Ir Wied harry bsk pd tgl. 24 Mei 2009 di banyuwangi.
    bisa hub sy di Hp. 081.234.511.599
    Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Thx banyak.. Salam sehat..

  12. Dear Dian,

    Alhamdulillah ya dengan FC bisa sehat..

    Wah…asyik tuh kalau bisa hadir talk show mas Wied dan perlu…..
    Nanti sharing di blog ku ini ya

    Salam sehat selalu

  13. thanks mom…
    pasti dech nanti hasilnya akan kami sampaikan di blog ini, bisa utk tambah info ke teman2 yang gak bisa hadir…
    tapi bener loh.. mumpung ada di Jatim (banyuwangi) sayang kalo gak hadir, soalnya pasti banyak banget ilmu2 yang bermafaat utk kesehatan kita ke depannya nanti.
    Oh ya mom, saya sangat berminat untuk menanam tanaman organik di rumah, mungkin sy bisa mengajak ibu-ibu di perumahan sy yang rata2 hampir 80% murni ibu rmh tangga, bisa memanfaatkan pekarangannya dg menanam tanaman yg sehat. Terimaksaih atas inspirasinya,
    semoga ilmu yang mom berikan bisa memberikan manfaat bagi orang lain… amin
    Salam..sehat…

    • Ibu Dian Yth, salam kenal. Saya suka berkebun meski ngga punya halaman (pake pot). kemarin coba2 nanam tomat n paprika eh… alhamdulillah berbuah meski tidak maksimal krn dalam pot. Saya jg berminat utk belajar menanam tanaman organik spt ibu, kalo boleh saya ingin bergabung. boleh tahu ibu tinggal dimana atau mau ketemuan dimana? Saya di tinggal di Ciganjur, Jak Sel. Thx sebelumnya. (O iya saya juga sdg mencoba menjadi foodcombiner)

      • Ibu Dian & Ibu Lukita,
        Wah…seneng nih…makin banyak yang berminat menanam sayur organik di halaman rumah/pot.
        Selanjutnya mari kita sama-sama sebarkan kepada teman/kenalan dan saudara untuk juga memulai menanam sayur di rumah sendiri..

        Salam Sehat dan sukses selalu

  14. Dian yang baik..
    Kalau sempat ngobrol sama mas Wied sampaikan salam saya ya..

    Seneng banget kalau ibu2 di perumahan mau mulai menanam sayuran organik di pot atau halaman rumahnya.
    Selain bisa cantik juga bermanfaat kan..

    Salam sehat ya

    • Mom,sy pgn nyoba FC,tp skrg sy msh menyusui,apakah ada tips/aturan lain buat sy

      • Dear Ririn<
        Setahu saya tidak ada aturan khusus untuk yang menyusui.
        Bahkan kalau saya ikuti milist FC, mereka yang hamil dengan menerapkan FC menghasilkan ASI yang baik dan banyak.

        Salam Sehat,
        Jullie

  15. mau nanya neh, klo cemilan apa aja yg bole selain buah?? kadang kan pengen makan kue basah gt? bole dak?? saya uda sering ikt FC cuma ga rajin, sering bolong2.
    thx

  16. Yth Debbie,

    FC tidak mengharamkan makanan selain buah kok..
    Boleh makan cemilan, asal tidak banyak dan memilih yang sehat. Misalnya memilih yang kukus daripada yang goreng. Memilih yang susu kedele daripada santan.
    Sesekali boleh coba lessie dan smoothie….variasi buah supaya nggak bosan. Enak dan sehat lho

  17. Bgm memulai fc?

    • Dear Des.
      Mulai dengan niat mau sehat…
      Dengan pola makan FC, metabolisme akan baik sehingga tubuh akan sehat.
      Silahkan baca buku bu Andang Gunawan dan beli kumpulan Resep FC karya mas Wied Harry.
      Salam sehat

  18. Pgn bgt ikut FC,tp sy juga msh menyusui…apk ada tips buat sy…

    • Dear Ririn
      Setahu saya tidak ada aturan khusus untuk yang menyusui.
      Bahkan kalau saya ikuti milist FC, mereka yang hamil dengan menerapkan FC menghasilkan ASI yang baik dan banyak.

      Salam Sehat,
      Jullie

  19. saya sudah coba pola FC selama 1 bln 4hr… minggu2 pertama sy berhasil turun 3 kg, minggu kedua 1 kg.. lingkar badanpun melorot drastis. hanya masuk minggu ke 3 tdk ada penurunan lagi sd saat ini tetap hanya turun 4kg. kenapa ya?

  20. oya di minggu ke 3 sy menambahkan menu buah mangga harum manis di menu jus saya.. apa pengaruh ini ya? mangganya muanisss bgt

    • Keberhasilan menjalani FC bisa dirasakan dengan badannya yang lebih fit, tidak mudah kena flu, sariawan dll sejenisnya. Kalau toh ada penurunan berat badan itu bonusnya. Berat badan bukan menjadi ukuran, karena jika sudah mencapai set poinnya akan berhenti naik turun berat badannya.Yang terasa pinggangnya mengecil.
      Saya selalu makan buah yang sedang musim dan mengurangi buah import.
      Semoga bermanfaat

  21. Salam kenal…
    Saya baru ingin menjalankan FC. BErarti pada prinsipnya nasi tidak boleh digabung dengan protein hewani ya, Bu?
    KAyak ikan laut tidak boleh dimakan dengan nasi??

    Jadi nasi harus selalu dimakan dengan sayur???

    Lalu kalo seperti ikan, daging sapi, dan ayam boleh nya dimakan bersamaan dengan apa??

    Kalo saya membuat jus apakah boleh saya campur dengan yogurt yang plain dan dengan yakult?

    Terima kasih atas saran dan pencerahaannya

  22. Salam kenal,

    beberapa hari ini sy sdh menjalnkan fc, alhamdulillah rasanya tubuh menjadi bugar dan lebih sehat, tp sy msh bingung, kalo bakso gitu blh ndak untuk menu fc? krn kan bakso terbuat dr daging dan tepung, trus sy pernh dengar untuk org yg punya asam urat, banyak sayuran yg dibatsi, karn mengandung purin yg tinggi, smntr pola fc hrs banyak mkn sayur dan bervariasi, gmn dong? tlg dong ksh solusi…

    terima kasih

    • Saya sependapat bahwa makan sayuran digilir bervariasi, jangan hanya sayuran tertentu saja, karena masing-masing sayur punya keunggulan vitamin dan mineral sendiri2.

  23. wah hebat bu bisa tetap njalanin food combining di tengah2 acara bareng temen2, kalau saya sih banyak tergodanya… food combining emang butuh disiplin ya bu

    • Hemmm…..kalo mau sehat tanpa mikir kalori memang harus pandai menyiasati pola makan walaupun banyak godaan. Yang penting sayurnya dibanyakin. Kalo masih kurang banyak, sampai rumah bisa ditambah sayur lagi. Salam Sehat

  24. wah,saya tertarik mau nyoba FC ni…yg mau sya tnyakan minum air putihnya terserah kita kn waktunya? dan boleh minum susu ga? kalo boleh wktu yg tepat kpn? makasih

    • Air putih bebas kapan saja. Usahakan minum seteguk demi seteguk. Kalo susu dlm FC tidak dianjurkan. Selain krn kandungan protein & lemaknya hampir sama besar yg akan sulit dicerna, FC lebih menyarankan makanan yg alami yg tidak mengalami proses pengolahan & pemasakan yg lama yg menghIlankan enzym & vitamin. Sebenarnya apa yg diharap kan dari susu? Ca? Ca bisa didapat dari ikan jg sayuran hijau. Pernah dengar daun kelor? Ca nya lbh tinggi dari susu. Salam sehat.

  25. saya pengen banget nyoba FC…tapi pengen tanya dikit nih, kalo telur boleh gak dicampur nasi? solnya telurkan sumber protein juga…thanks ya

    • Jawabannya anda sdh tau tuh!


Leave a Reply

Categories

