Posted by: garasibu | June 29, 2008

Kholesterol LDL & OLAH RAGA

Suatu hari hasil lab pemeriksaan darah lengkapku menunjukkan total Cholesterolku 216 mg/dl, padahal seharusnya tidak boleh lebih dari 200 mg/dl. Aku telusuri lagi, ternyata yang membuat tinggi adalah Cholesterol LDL nya yaitu: 149 mg/dl yang seharusnya tidak boleh lebih dari 100 mg/dl. Sementara kandungan cholesterol dan Trigliseridanya sangat bagus.

Aku kurang paham membaca hasil pemeriksaan darah, yang aku tahu ada hasil yang tidak normal yang oleh Laboratorium diberi tanda bintang. Langsung saja aku menelpon dokter keluargaku dan menceritakan hasil lab darahku itu.

Spontan dokterku bilang: ”sudah saya bilang, ibu ini harus Olah Raga. Kalau mau hidup sehat, ya harus Olah Raga bu. Seminggu minimum olah raga 3 kali dan harus berkeringat banyak. Coba ibu lakukan Olah Raga ya” . Terus terang, dokter memang sudah sering menyuruh aku berolah raga. Dia adalah dokter akupuntur dan menyukai olah raga. Kalau aku merasa lelah biasanya minta ditusuk akupuntur, dan selalu dia mengatakan, ibu ini sehat kok, cobalah olah raga. Rasanya bising juga mendengar dia selalu menyuruh olah raga, sebab aku memang malas berolah raga.

Karena belum puas atas jawaban dokter, lalu aku sms Ibu Andang Gunawan, ahli terapi nutrisi yang mengajarkan Food Combining. Sengaja aku sms dulu untuk menanyakan apakah bisa aku ganggu. Jawabannya supaya menelpon nanti setelah maghrib. Siang itu rasanya tidak sabar menunggu hingga maghrib, tapi tetap saja aku tidak termotivasi untuk melakukan olah raga seperti yang disuruh dokter Tagor. Setelah sholat Maghrib, mba Andang menelpon aku lebih dulu sambil bertanya: ”ada apa mba?”.

Aku ceritakan hasil lab.ku tersebut. Dan jawaban dia: ” Olah raga nggak sih mba? Punya treadmill nggak? Kalau nggak punya, pergi deh cari treadmill….

“Kalo kurang olah raga, energinya nggak keluar, mendem didalam tubuh”

Kok jawabannya sama dengan dokterku. Sebenanrnya aku dirumah punya treadmill, tapi lebih sering jadi pajangan.

Sejak itu aku menjadi rajin berolah raga, setiap hari treadmill dilakukan 20 menit dan dilanjutkan dengan gerak-gerakan yang lain Selama Olah Raga aku membawa air minum yang diminum saat merasa haus. Minuman yang terbaik setelah berolah raga adalah air putih dan jus buah segar, bukan minuman olahan sekalipun yang diiklankan sebagai minuman bagi yang berolah raga. Minuman olahan tersebut membuat kita dehidrasi karena pada saat kita berolah raga, keringat yang keluar membuat darah menjadi kental. Oleh sebab itu untuk mencairkannya yang terbaik hanyalah dengan air putih dan jus buah segar.

Semenjak menjalani olah raga dengan rutin serta menjalani pola makan yang sehat dan alami, badan menjadi lebih segar dan bersemangat. Tidak lagi lesu dan lelah lalu pergi ke dokterku untuk akupuntur. Silahkan dicoba dan Salam Sehat Selalu


Responses

  1. Iya memang, olah raga itu membuat badan kita menjadi sehat, treadmil tiap hari min 20 menit cukup ampuh menurunkan kholesterol dan ldl

    • Hai Dini,
      Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.
      Selam Sehat


Leave a Reply

Categories

